183 Rabu, 25 Juni 2014 | 12:49:09

Cermat Memilih Water Heater

cermat-memilih-water-heaterThe Guardian

Bayangkan pijatan air hangat yang mengalir di atas pundak anda yang terasa pegal, dengan tekanan air yang tepat dan suhu yang pas, rasanya pasti nikmat sekali. Ini semua dapat dengan mudah anda dapatkan di era yang serba praktis ini dengan memasang water heater di rumah anda. Di era modern ini, water heater sudah menjadi barang yang tidak lagi asing ditemui sebagai pelengkap peralatan rumah tangga.


Kesibukan penduduk kota sehari-hari dibuat semakin menyenangkan dengan kehadiran water heater yang siap membuat anda rileks sepulang kantor. Cara ini dianggap sangat praktis dengan air hangat yang tidak perlu repot-repot dimasak. Anda tinggal memutar gagang keran, dan air hangatpun dapat langsung dinikmati. Tentu saja pemilihan jenis water heater yang hendak anda gunakan harus dilakukan dengan cermat, pilihlah jenis yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.


Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum anda memilih water heater adalah jenis mana yang sesuai untuk anda? Water heater memiliki banyak jenis, namun yang umum dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ada dua, yaitu water heater gas dan water heater listrik. Kedua jenis ini memiliki baik dan buruknya sendiri-sendiri. Dalam pemasangannya, jenis listrik bisa lebih fleksibel, sementara jenis gas sebaliknya. Namun, mengingat daya listrik yang dibutuhkan oleh water heater listrik cukup besar, pastikan bahwa daya total listrik di rumah mencukupi.


Kedua, pilihlah tipe water heater yang sesuai untuk kebutuhan anda, seperti jenis storage, demand, heat pump, tankless coil, indirect atau solar water heater yang menggunakan energi surya untuk memanaskan air. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Contohnya seperti tankless coil yang tidak membutuhkan media penyimpanan air lain karena air yang disedot langsung dipanaskan melalui broiler di dalam sistem pemanas hydronic. Perhitungkan pula besar ukuran water heater yang digunakan agar sesuai dengan luas ruang yang tersedia.


Ketiga, pilihlah water heater yang tergolong hemat energi, dimana indikatornya adalah Energy Factor (EF). Angka ini diukur mulai dari 0,5 hingga 2,0. Semakin tinggi EF, maka produk tersebut semakin efisien. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi yang biasanya terdapat pada setiap produk.
Terakhir, pertimbangkan pula perbandingan antara harga pembelian dengan total biaya perawatan dan keuntungan yang bisa diperoleh dari sebuah water heater. Jadi anda tidak perlu pusing terbelit biaya perawatan yang terlalu mahal dan merasa dirugikan nantinya.



Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel