131 Selasa, 17 Juni 2014 | 12:22:52

Bunga Potong yang Cantik

bunga-potong-yang-cantik

Berbagai macam bunga memang sedap dipandang mata, terlebih ditambah dengan beberapa bunga yang wanginya bisa menenangkan jiwa. Pantas saja jika bunga sering dijadikan sebagai penghias dekorasi ruangan. Apalagi untuk acara-acara kebahagiaan, seperti pernikahan. Warna serta bentuk bunga yang indah juga sering dijadikan pilihan untuk desain interior maupun eksterior sebuah hunian.


Macam bunga yang sering dijadikan pilihan untuk dekorasi ruangan adalah bunga mawar, sedap malam, carnations, anyelir, krisan, daisy, dan dahlia. Rangkaian bunga potong yang digunakan sebagai pajangan saat acara tentu perlu dibuat agar tahan lama. Berikut ini tips merawat dan membuat bunga potong lebih tahan lama.


Jika ingin memiliki bunga yang tahan lama, maka pilihlah bunga yang masih kuncup, atau bisa juga bunga dengan mekar yang sempurna setidaknya kuntum yang sudah menampilkan warna. Pilih bunga dengan kualitas baik yang memiliki batang bersih serta berdiri tegak, daunnya pun sehat dan terbebas dari penyakit atau serangga.


Pilihlah bunga yang mahkotanya tertutup cone karena terlindungi dan tidak mudah gugur. Jika ingin meletakkannya dalam vas, terlebih dahulu buang dedaunan yang sudah layu serta singkirkan lendir yang sebelumnya menempel pada daun bunga.


Potonglah batang dengan gunting tanaman atau pisau tajam secara diagonal agar tidak merusak jaringan batang bunga. Jaringan batang yang dipotong diagonal maka akan menyerap air secara baik sehingga bunga bisa tahan lama. Pemotongan batang bunga ini juga perlu dilakukan di bawah air yang mengalir atau sambil direndam demi mencegah gelembung udara terperangkap dalam batang.


Setelah itu, baru masukkan rangkaian bunga ke dalam jambangan atau vas bunga yang telah diisi dengan air yang cukup hingga bagian batangnya saja. Setelah itu masukkan dua tetes pemutih untuk penggunaan satu liter air agar dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. Tidak lupa juga sepotong arang untuk memurnikan air. Ada baiknya, wadah atau jambangan perlu diisi dengan larutan ringan Clorox sebelum atau sesudah digunakan.


 Rawat bunga potong dengan cara mengganti airnya setiap hari secara rutin. Jika di bagian bawahnya terdapat batang yang busuk, cukup memotong bagian busuk tersebut sekitar 1 sentimeter. Anda juga perlu menghindari bunga dari cahaya matahari langsung serta hindari bunga dari daerah polusi atau asap rokok.


Sumber: Blog Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel