184 Kamis, 05 Juni 2014 | 10:16:49

Pilihan Alat Musik Piano

pilihan-alat-musik-pianorolandus

Piano adalah alat music yang telah ada sejak beberapa ratus tahun lalu.  Seperti yang kita ketahui ada beberapa macam piano dengan berbagai macam budget harga dan design. Ketika anda memilih piano, pastikan anda sudah memiliki budget dan ruangan yang mendukung.

Grand Piano
Piano jenis pertama adalah Grand Piano, dimana piano jenis ini memiliki kotak akustik yang ditidurkan dengan dereetan senar yang diketuk hammer yang ditidurkan. Merek yang paling bergengsi dari jenis ini adalah Steinway, sedangkan yang biasa kita temui di Indonesia adalah Yamaha Grand Piano. Harganya sama atau lebih dengan satu unit mobil mewah yaitu mulai 400 juta. Warna dari piano jenis ini juga beraneka ragam yang dapat dipilih sesuai dengan warna interior rumah anda


Upright Piano
Jenis piano upright masih dalam jajaran kategori piano akustik yang juga berkonstruksi kayu dengan tuts berjumlah 88 buah serta kotak akustik serta senar-senarnya. Upright piano tidak sama dengan grand piano karena posisi kotak akustiknya yang berdiri dan bentuk seperti ini sudah tentu akan lebih menghemat tempat jika anda tidak punya tempat yang luas untuk piano Grand, maka piano jenis ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

Digital piano
Piano jenis digital ditandai dengan rentang nadanya yang sama dengan piano akustik biasa, yaitu sepanjang 88 nada. Model tuts-nya masih menggunakan tipe gradded-hammer, atau efek yang Anda rasakan ketika menekan tuts piano yaitu Berat, dan seperti mengetukkan palu ke senar-senar nada. Model yang paling populer di panggung contohnya adalah Roland RD-700 atau RD-300, sedangkan untuk pengguna rumahan, Yamaha seri Clavinova adalah contoh yang paling populer.

Keyboard
Keyboard berbeda dengan piano dimana model tuts keybard tidak menggunakan gradded  hammer, melainkan model touch response, artinya efek seperti mengetukan palu ketika anda menekan tuts tidak akan bias dirasakan. Mengapa demikian? Karena tuts keyboard jauh lebih ringan untuk ditekan dan rasanya seperti menekan plastic tanpa ada sensasi berat seperti ketika anda menekan tuts piano akustik. Rentang nada pada keyboard juga lebih sedikit, yaitu hanya 61 tuts saja. Dimana ini memotong nada atas dan bawah piano dan hanya menyisakan nada tengahnya saja.
Kelebihan keyboard adalah kemampuan jenis alat music ini untuk menghasilkan suara bermacam-macam alat music dan juga mempunya kemampuan untuk memainkan irama dengan variasi yang banyak. Memaikan alat music keyboard bias seperti diiringi oleh band lengkap hanya dengan bantuan satu unit keyboard saja.

Keyboard jenis ini paling sering muncul di acara pernikahan dan orang awam sering menyebutnya dengna music electone. Keyboard memainkan suatu style (iringan nada-nada berbagai alat musik dalam satu band yang disimpan dalam format MIDI), dan pemain keyboard cukup memainkan melodinya saja dengan bunyi-bunyi tertentu, sambil menekan chord-chord yang bersesuaian. Bermain keyboard menjadi solusi jauh lebih murah dan praktis daripada harus mendatangkan satu band lengkap.
Contoh yang populer adalah Yamaha seri PSR, atau Roland seri E.

Sumber : servispiano

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel