76 Rabu, 02 April 2014 | 03:12:40

Yuk Tiru Cara Efektif ala Kantor Google!

yuk-tiru-cara-efektif-ala-kantor-google

Membangun perusahaan rintisan (start-up) memang tidak mudah. Anda perlu menarik perhatian klien, dan di saat yang sama juga menjamin para karyawan tetap terinspirasi. Google Ventures memberikan sedikit "bocoran" rahasia bagi Anda yang ingin membuat kantor efektif. Jake Knapp dari Google Ventures, mengatakan, tim Anda butuh "ruang perang" atau "war room". Celakanya, menurut Knapp, jumlah war room itu justeru sangat sedikit.

"Saya terkejut dengan perusahaan teknologi yang menyediakan ruang bagi meja permainan foosball (yang jarang digunakan), tapi tidak mendedikasikan ruang untuk proyek terpenting mereka," ujar Knapp.

Knapp bilang, untuk menyelesaikan masalah desain yang kompleks, Anda butuh menelusuri banyak hal. Sebagai manusia, daya ingat jangka pendek kita tidak begitu baik. Namun, memori spasial kita luar biasa.

Untuk itulah, Knapp menyarangkan, Anda perlu mengisi ruang kerja dengan banyak catatan. Cara ini membuat Anda mengambil keuntungan dari memori spasial tersebut. Knapp mengaku yakin, Anda akan mulai menyadari di mana informasi tersedia. Anda akan memperbesar kemampuan untuk mengingat banyak hal.

Selanjutnya, Knapp bersikeras untuk menuangkan ide-ide Anda dan rekan kerja pada benda fisik. Catatan lengket (sticky note) atau papan tulis merupakan sarana yang tepat. Gunakan dan manfaatkan barang-barang ini sebaik mungkin.

Di saat sama, Anda juga perlu sadar bahwa Anda tidak bekerja sendiri. "Ruang perang" adalah ruang untuk mengatur strategi bersama-sama. Tukar, satukan pikiran, tuangkan dalam catatan, letakkan di dinding, dan gunakan hal tersebut untuk membangun ide, dan pengertian antar kolega. Cara ini juga membuat kerja Anda efektif. Anda tidak perlu lagi membahas hal yang sama berulang kali.

Masih belum jelas? Knapp memberikan beberapa barang yang secara khusus disediakan dalam Google Ventures. Kantor Anda mungkin juga membutuhkannya.

Pertama, sediakan banyak permukaan untuk menaruh atau menggambar diagram, menempelkan catatan, hasil cetak, storyboard, dan banyak hal lainnya. Anda butuh permukaan yang melimpah. Gunakan papan tulis, jendela, atau dinding kosong yang bisa Anda gunakan untuk menempel barang-barang ini.

Kedua, buat ruang yang didedikasikan untuk proyek, bukan untuk pertemuan.

Ketiga, sekali lagi, sediakan banyak papan tulis. Anda bisa menggunakan papan tulis yang menutupi dinding. Anda juga bisa melapisi dinding dengan cat khusus agar bisa digunakan untuk memulis dan menggambar.

Keempat, sediakan furnitur fleksibel. Fleksibel artinya mudah diatur. Lebih baik lagi, jika Anda bisa mengubah pengaturan satu ruang hanya dalam hitungan menit.

Jadi, jika Anda butuh ruang untuk mengadakan rapat, diskusi, menggambar, atau mencari inspirasi, Anda bisa melakukan di ruangan yang sama. Furnitur ini biasanya ringan atau menggunakan roda di bagian dasarnya.

Nah, siapkan "ruang perang" di kantor Anda sekarang juga!

Editor                : Latief
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Fastcodesign





📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel