37 Selasa, 01 April 2014 | 10:06:53

Gunakan Corak di Karpet Anda

gunakan-corak-di-karpet-anda

Karpet tidak hanya membuat lantai yang dingin terasa nyaman jika dipijak pemilik rumah. Selain memiliki fungsi praktis, karpet juga bisa membuat interior rumah tampak menarik. Penggunaan karpet besar (area rug) bahkan bisa "membagi" ruangan tanpa sekat. Sayangnya, sebagian orang merasa sulit mengatur penempatan karpet bercorak di rumah. Ketakutan-ketakutan bahwa karpet tersebut akan tampak tidak menarik membuat orang enggan mencoba.

Padahal, karpet bisa membuat rumah lebih menarik. Ada banyak jalan keluar sederhana membuat karpet bercorak tidak lagi mengintimidasi. Berikut ini caranya.

Dalam ilustrasi (kanan), sebuah karpet Losanges buatan Ronan dan Erwan Bouroullec menjadi "jangkar" bagi kamar utama di Ibiza. Ilustrasi tersebut menunjukkan pola berukuran kecil bisa menyemarakkan ruang berkonsep minimalis. Mengulang warna yang ada di sekeliling karpet juga bisa menjadi rahasia sukses memajang karpet bercorak.

Tidak semua karpet digunakan sebagai titik fokal ruangan. Ada karpet-karpet yang sekadar menjadi pelengkap. Jika contoh pertama menampilkan penggunaan karpet sebagai bagian penting dalam ruangan, Anda juga bisa menggunakan warna, tekstur, dan pola karpet sebagai penambah kekayaan ruangan. Campuran warna dari karpet membuat ruang terasa lengkap dan tidak "kosong" di bagian lantai.

Coba perhatikan ilustrasi pertama (kiri). Penggunaan karpet berwarna tegas bisa membuat ruangan berkonsep minimalis yang dingin terasa lebih hangat. Jangan takut menggunakan warna mencolok, terutama jika sekeliling karpet tersebut dipenuhi dengan warna-warna netral. Di dalam ilustrasi, tampak karpet memiliki beberapa unsur warna yang ada di sekelilinya, yaitu hitam, putih, merah, dan oranya.

Selain corak, warna karpet juga memegang peranan penting dalam menjaga keserasiannya dengan ruangan tempatnya berada. Buatlah "gema" dengan menggunakan warna-warna senada. Jika Anda menggunakan karpet berwarna putih-oranye, tidak ada salahnya menggunakan meja berwarna putih dan kursi berwarna oranye. Begitu pula sebaliknya.

Selain itu, Anda tidak perlu menggunakan satu karpet untuk satu ruangan. Menggunakan lebih dari satu karpet juga tidak salah. Gunakan dua karpet antik Maroko. Perhatikan corak dan warna, serta kemampuan karpet tersebut menyempurnakan ruangan.

 
Editor                 : Hilda B Alexander
Sumber              : Kompas
Sumber Gambar : Dwell

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel