85 Jum'at, 21 Maret 2014 | 10:42:34

Alasan Penggunaan Bata Ringan Pada Pembangunan Apartemen

alasan-penggunaan-bata-ringan-pada-pembangunan-apartemen

Seperti yang kita lihat beberapa tahun belakangan, tidak sedikit pengembang yang membangun proyek-proyek hunian jangkung atau biasa disebut dengan apartemen. Alasannya, tentu saja karena proyek jenis ini tengah digandrungi konsumen. Selain itu, faktor keterbatasan lahan di kota-kota besar, seperti Jakarta, membuat pengembang mau tidak mau harus mampu melakukan inovasi dengan memanfaatkan lahan semaksimal mungkin.

Nah, terkait dengan maraknya pembangunan apartemen tersebut, tentunya industri bahan bangunan ikutan terkerek. Misalnya saja, bahan material seperti bata ringan. Material yang terbuat dari semen, pasir kuarsa, dan kapur ini banyak digunakan untuk high rise building seperti apartemen. Pasalnya, bata ringan lebih praktis dan proses pemasangan memerlukan tidak cukup lama.

Tak sekadar itu, ternyata bata ringan pun tak melelahkan pekerja karena memudahkan dalam proses kontruksi. Nilai plus lainnya, bata ringan dapat mengurangi suhu ruangan, meredam suara, dan lebih aman karena tahan api. Jadi, tak semata-mata menguntungkan proses pengerjaan bangunan, bata ringan menggembirakan penghuni atau pengguna bangunan.

Di pasaran, beton ringan memiliki beragam jenis dan dari produsen bahan bangunan. Menariknya, beton ringan juga dapat berfungsi tak sekadar untuk dinding saja, lantai atas, anak tangga, dan lintel. Pun, berfungsi sebagai building system untuk struktur dinding pemikul, sehingga beban dari atas dapat didistribusikan ke dinding struktur di bawah.

Alhasil, setiap permukaan dinding akan mendapatkan beban. Cara itu berlawanan dengan struktur bangunan yang ada sekarang, yang umumnya menggunakan rangka struktur yang mendistribusikan beban dari atas ke fondasi. Dengan nilai plus yang dimiliki bata ringan tersebut, tak salah jika pengembang memilih material ini untuk proyek-proyeknya yang high rise building.


Haryanto
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel