174 Jum'at, 14 Maret 2014 | 04:13:19

Pilih Desain Jendela Ruang Tamu Anda

pilih-desain-jendela-ruang-tamu-anda

Dalam merancang bangunan huni yang sempurna dan profesional, sangat perlu adanya pertimbangan-pertimbangan mendalam terkait konsep desain yang akan dituangkan ke dalam satu kesatuan desain. Artinya, seluruh kombinasi desain yang diusung oleh sebuah bangunan haruslah benar-benar serasi dan harmonis satu sama lain. Sehingga, tidak menimbulkan kerancuan yang akan merusak citera bangunan itu sendiri.

Bicara soal keharmonisan desain, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah menyatukan desain jendela dengan artistik interior ruang dan eksterior yang bersangkutan. Sementara, bagian ruang yang difokuskan dalam bahasan ini adalah khusus pada ruang tamu. Sehingga, kita akan mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan dalam menyiasati tampilan jendela agar tampak mapan dan elegan, serta sangat menyatu dengan penampilan interior dan dekorasi ruang tamu itu sendiri. Selain itu juga, bagaimana supaya kita tidak meninggalkan aspek lingkungan dalam menentukan jenis jendela yang padu berkesan. Untuk itu mari kita simak langsung ulasan di bawah ini!

Ukuran
Hal pertama yang mengawali perancangan desain jendela adalah menentukan ukuran paling tepat. Untuk sebuah ruang tamu (public room), alangkah baiknya apabila dimensi jendela dioptimalkan sebaik mungkin. Anda bisa membuat jendela dengan dimensi berbeda (di luar ukuran konvensional), sehingga akan menciptakan kesan tersendiri yang menawan.

Model / Bentuk
Saat ini telah banyak sekali ragam bentuk jendela yang bisa Anda sadur. Namun, perlu diperhatikan bahwa model atau bentuk yang paling powerfull untuk sebuah ruang tamu adalah kesederhanaan, minimalis, dan eksotis. Jadi, kreatif lah dalam berspektif.

Artistika
Atau biasa disebut corak dalam bahasa awam, merupakan poin paling penting yang harus Anda cermati. Sebuah bangunan huni yang dikelilingi dengan hamparan taman hijau nan asri sangatlah tidak tepat menggunakan jendela yang dipenuhi pernak-pernik kompleks ala modern design. Namun, akan sangat menyatu dengan lingkungan taman apabila desain jendela mengusung konsep klasik atau tradisional. Sehingga, antara taman dengan tampak eksterior ruang tamu akan terkesan larut dalam keharmonisan serasi.

Bahan
Jenis kayu saat ini sangat bervariatif. Kualitas dan mutu pun menjadi tolak ukur utama dalam perbandingan harga. Namun, mengingat penggunaan kayu pada kusen jendela terbilang jangka panjang, maka  jangan ragu untuk memilih jenis kayu dengan kualitas di atas rata-rata. Begitu juga dengan jenis kaca jendela. Anda pasti lebih cerdas dalam menentukannya.

Warna
Mode trend minimalis yang marak dikembangkan pada orde sekarang ini, mau tidak mau mewajibkan kita untuk mengikutinya. Sehingga, rancangan desain yang kita hasilkan cukup mapan dan tidak ketinggalan jaman. Soal pemilihan warna sendiri, dalam konsep minimalis hanya mengenal 2 hal, yakni simple-color dan full-color.

Simple-color, dimana kombinasi pemakaian palet warna tidak lebih dari 2 macam warna dominasi, dan 1 warna pendukung. Sementara pada full-color design, Anda perlu menyiapkan kombinasi warna yang lebih rinci, yakni lebih dari 3 macam warna dominasi dan 3 warna pendukung (warna dominasi dan pendukung haruslah berbanding lurus). Anda bisa pilih salah satu di antara keduanya yang paling sesuai dengan selera masing-masing.

Keamanan
Aspek terakhir yang menjadi poin utama adalah mempertimbangkan tingkat safety pada fisik jendela. Anda harus teliti dalam merancang desain jendela yang benar-benar aman dari pembobolan pencuri, serta terminimalisir dari kerusakan akibat efek reaksi alam. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa jendela merupakan salah satu sektor utama yang menghubungkan antara ruangan dengan area luar rumah.

Sehingga, apabila akses jendela dari luar rumah sangat mudah dimasuki manusia maupun binatang liar, tentu hal buruk pasti akan menanti Anda, bukan begitu?

Sumber : Desainhuniansederhana

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel