122 Senin, 24 Februari 2014 | 12:51:29

Kecil Tindakannya, Besar Efeknya

kecil-tindakannya-besar-efeknya

Memiliki kamar tidur dengan ukuran yang relatif kecil bukan masalah. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sendiri untuk membuatnya tampak dan terasa lebih besar, terang, dan nyaman. Anda bisa mulai mengubah tampilan dinding, mengubah pencahayaan, hingga menciptakan solusi ruang penyimpanan di dalam kamar. Berikut ini beberapa cara mengubah kamar tidur mungil Anda jadi jauh lebih menarik.

Pertama, pilihlah warna yang tergolong "aman", seperti krem atau warna-warna pastel. Warna-warna ini mampu membuat kamar tidur terasa lebih terang dan luas. Sebaliknya, warna yang lebih gelap membuat ruang terasa lebih nyaman, namun lebih kecil. Cobalah menghindari penggunaan warna-warna tegas. Warna ini mampu mendominasi ruang dan menarik perhatian mata. Pasalnya, Anda tentu ingin interior kamar lebih menyatu.

Selain cat dinding, cermatlah juga dalam penggunaan, pemilihan, dan penempatan lampu di kamar tidur. Pemilihan tempat yang cermat juga mampu menghemat tempat. Misalnya, daripada menaruh lampu di permukaan meja sisi tempat tidur, rekatkan saja lampu di atasnya.

Kemudian, cobalah melakukan beberapa trik sederhana ini. Untuk membuat ilusi plafon kamar Anda berukuran lebih tinggi, tempatkan pengait gorden dekat plafon. Selanjutnya, pilihlah warna gorden yang terang, tidak jauh berbeda dengan warna dinding. Cobalah gunakan warna putih, krem, atau coklat muda. Warna yang senada dengan dinding tidak akan mendominasi pemandangan di kamar.

Sementara itu, jika ingin membuat ilusi adanya ruang yang luas di dalam kamar, gunakan cermin. Cermin juga efektif memantulkan cahaya dan mendistribusikannya ke seluruh ruangan.

Cermatlah memilih tempat tidur. Pasalnya, tempat tidur juga akan berpengaruh pada ruang penyimpanan di kamar Anda. Di pasaran tersedia banyak tempat tidur yang berukuran terlalu besar. Tentu, ukuran ini mampu menghabiskan banyak ruang. Cermati perbandingannya dengan ukuran kamar Anda. Pilihlah tempat tidur yang "ramping" seperti platform bed. Tempat tidur ini mampu membuat kamar tidur terasa lebih ruas.

Terakhir, pertimbangkan kesempatan menyediakan ruang penyimpanan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan ruang di kamar tidur. Gunakan bagian bawah tempat tidur, bagian belakang pintu, dan buatlah rak yang menempel di dinding. Masih merasa kamar Anda terasa penuh? Coba sortir barang tidak terpakai, dan mulai menggunakan furnitur tembus pandang.

Selain kamar tidur
Sebenarnya, penggunaan warna terang, pengaturan cahaya yang tepat, serta meniapkan ruang penyimpanan tidak hanya bisa Anda terapkan di kamar tidur. Menurut desainer terkenal dunia Estee Stanley, Anda bisa memaksimalkan penggunaan dan fungsi ruang mana pun tanpa mengorbankan keindahannya.  Caranya, gunakan barang-barang multifungsi. Pastikan saja Anda tahu kegunaan setiap barang dan memasukkannya ke dalam ruang karena kebutuhan, bukan hanya karena estetikanya.

Editor               : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Domaine

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel