27 Jum'at, 21 Februari 2014 | 04:30:44

Perhatikan Ini Sebelum Renovasi Rumah

perhatikan-ini-sebelum-renovasi-rumah

Konsisten terhadap rencana awal adalah kunci agar biaya renovasi tidak membengkak. Ada beberapa yang bisa anda antisipasi ketika melakukan renovasi rumah, berikut ulasannya.
 
- Kenali kebutuhan : Kenali karakter, potensi dan kekurangan rumah anda . Terkait masalah fisik, takar dan evaluasi kekuatan bangunan, struktur, dan material lama. Rangka kayu di atas apakah masih bisa bertahan lama atau dinding lama masih bisa diplester  atau bisa disiati dengan menggunakan material alternatif? Juga instalasi listriknya apakah masih cukup aman?
 
- Pikirkan biaya: Jangan memaksakan diri untuk renovasi di kala ketersediaan dana masih cukup kurang  karena akan membuat anda kalang kabut saat operasionalnya. Usahakan ketersediaan dana 10 -20 % dari anggaran yang ditetapkan untuk mengantisipasi lonjakan harga dan finishing sempurna.
 
*Tentukan waktu yang tepat :
 
Beberapa pertimbangan waktu adalah sebagai berikut:
 
- Jangan lakukan renovasi saat musim hujan atau masa transisi lakukan di musim kemarau.
- Jangan pada saat anda memiliki urusan lain yang tak kalah pentingnya dengan urusan renovasi rumah.
- Hindari renovasi saat menjelang perayaan hari Raya anda. Pada saat ini anda akan tidak fokus dan bercabang perhatiannya ke banyak hal dan dana akan terseret ke mana-mana.
 
- Pilihan material: Tetaplah pilihan material berdasarkan pada aspek tujuan renovasi itu sendiri serta biaya yang tersedia. Juga pertimbangkan aspek estetisnya. Perbanyaklah referensi mengenai materialagar anda bisa membandingkan.
 
- Tentukan pekerjanya: Referensi dari teman, tetangga, kenalan, atau informasi dari media akan membantu anda menentukan dan memilih tukang renovasi yang tepat. Demikian juga ketika anda ingin memakai jasa konsultan atau kontraktor untuk melakukan pekerjaan ini.
 

* Pahami aturan :
 
-GSB atau garis sepadan bangunan merupakan jarak dinding terluar bangunan dengan batas terluar lahan.
 
_ KDB atau Koefisien Dasar Bangunan adalah merupakan prosentase luas dasar bangunan terhadap luas lahan yakni berapa  persen  dari luas lahan yang dibangun.
 
- KLB : Koefisien Luas Bangunan  merupakan faktor penentu berapa meter persegi total bangunan diizinkan untuk dibangun juga menentukan berapa tingkat bangunan bisa dibuat. Tentang aturan ini bisa ditanyakan ke Kelurahan, kecamatan,  kotamadya atau kabupaten setempat.

Sumber : Rumahku
 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel