674 Rabu, 19 Februari 2014 | 09:58:57

Membuat Jemuran di Rumah

membuat-jemuran-di-rumah

Cucian yang tidak kering pada saat musim hujan merupakan salah satu masalah yang sering dialami ibu rumah tangga. Jika sudah begini, rumah pun akan penuh dengan pakaian yang masih lembab. Cara agar pakaian dapat tetap kering yaitu dengan membuat ruang jemuran darurat. Menurut arsitek sekaligus Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten, Rita Laksmitasari, untuk membuat ruang jemur darurat ini yang harus diperhatikan yaitu space-nya.

Rita menyebut ada dua tempat yang bisa digunakan untuk membuat jemuran di rumah.

"Yaitu yang sengaja dibuat di luar rumah dan terkena langsung paparan sinar matahari dan yang kedua yang tertutup tidak kena air hujan, namun tetap ada cahaya matahari bisa masuk," katanya.

Menurut Rita, ruang jemuran atau room service sebaiknya diletakkan di belakang. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang mendesain room service ini di depan rumah. Ini berfungsi agar Anda dapat bekerja sekaligus memantau si kecil bermain.

Sementara itu, mengenai ukuran minimal untuk room service Rita menyebut tergantung pada jumlah penghuni rumahnya.

"Ukuran room service, ada minimalnya. Di arsitektur ada yang disebut studi ruang. Studi ini mempelajari gerak pemakai ruang untuk menentukan berapa besar ruang yang dibutuhkan, aktivitas dia, baru kita bisa mendapatkan dimensi ruangnya. Tentunya rumah kos dan rumah tinggal beda ukuran room servicenya. Yang penting dalam room service itu mencakup tempat jemur, mesin cuci, dan tempat setrika. Luasnya saya tidak bisa jawab pasti, yang penting kebutuhan itu dapat terakomodir semuanya. Atau kalau bisa dikira-kira sekitar 2,4x1m untuk jemur, dan 3x1,5 atau 2m untuk ruangan room servicenya," jelas Rita. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel