98 Senin, 17 Februari 2014 | 12:02:00

Berkreasi dengan Pembatas Ruang

berkreasi-dengan-pembatas-ruang

Ingin membagi ruangan besar menjadi beberapa bagian namun enggan membuat dinding permanen karena memakan biaya besar? Membuat partisi atau pembatas ruang nonpermanen yang praktis dan mudah dipindahkan jadi solusinya. Yang menyenangkan, Anda bisa membuat sendiri di tukang atau membeli jadi. Partisi, sering disebut ‘pembagi’ atau ‘layar’, tidak hanya berfungsi untuk membagi ruang, namun juga sebagai pemanis interior. Bahkan, ada juga yang dirancang untuk penggunaan outdoor sebagai penahan cuaca.

Partisi  dibuat dari berbagai macam bahan, misalnya  kayu, kain, bambu, rotan, kulit, kaca, logam, vinil, dan plastik. Masing-masing materi bisa dikreasikan dengan berbagai gaya, misalnya untuk membentuk pola-pola unik, seperti pola print pada kain, motif  batik dengan teknik laser cutting, atau pengerjaan manual tangan.

Motif dan pola partisi yang beragam meliputi gambar hewan, animal print,  pemandangan, seperti  pantai dan laut, flora, fauna,  motif abstrak, dan lain-lain. Ini dapat memengaruhi ukurannya. Harga berkisar dari ratusan ribu sampai jutaan. Lebar partisi bervariasi, dari 60 cm hingga 2 meter. Ketinggiannya, mulai dari 1,5 meter  sampai  yang bisa mencapai langit-langit. Beberapa partisi ruangan yang berfungsi ganda sebagai akustik isolasi, diberikan busa. Secara garis besar, pembatas ruang terdiri atas tiga jenis: partisi lipat, panel lurus, dan layar menggantung.

Bagi kebanyakan orang, partisi lipat merupakan pilihan terbaik karena mudah diperoleh, mudah dipindahkan dan disesuaikan dengan kondisi ruang.  Partisi lipat memecah area yang lebih besar menjadi lebih kecil. Pemilik rumah biasa menggunakannya untuk fungsi kepraktisan dan sebagai dekorasi interior.  Ada dua jenis partisi lipat yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Akordeon. Jenis akordeon ditopang oleh langit-langit, lebih mirip tirai panjang.
  • Panel lipat atau portabel (bergerak karena dipasang roda). Partisi lipat model panel terdiri dari tiga atau lebih panel berdiri bebas yang bisa dilipat. Jenis partisi ini termasuk yang paling populer. (f)

Sumber : Femina

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel