71 Senin, 10 Februari 2014 | 02:40:11

Pertimbangan Dalam Pemilihan Atap Carport

pertimbangan-dalam-pemilihan-atap-carport

Carport menjadi salah satu bagian yang bisa menentukan citra rumah Anda. Letaknya yang ada di fasad rumah menentukan bagus tidaknya tampilan rumah Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih carport untuk rumah Anda. Untuk membantu Anda dalam memilih material penutup carport Anda, berikut kami sajikan lima hal yang harus Anda pertimbangkan. Silahkan menyimak!

Biaya dan waktu
Harga material penutup atap carport , baik jenis genting, polikarbonat, kaca dan dak beton tak terlalu banyak berbedaan. Harga di pasaran berkisar Rp100.000-Rp500.000/m² belum termasuk pemasangan dan struktur. Penambahan biaya bisa berbeda-beda tergantung dengan material. Beton, kayu, baja atau baja ringan.

Untuk waktu pemasangan, atap polikarbonat hanya butuh satu hari karena instalasinya yang cukup mudah. Begitu pula dengan jenis atap genting, instalasinya cepat.

Namun, pemasangan strukturnya cukup menyita waktu. Sedangkan atap kaca, butuh pengerjaan yang lebih presisi demi alasan keamanan.

Terakhir, dak beton membutuhkan waktu pemasangan yang paling lama karena proses pencetakkan, pengecoran dan pengeringan hingga 3-4minggu.

Perawatan berkala
Dak beton menjadi pilihan untuk atap yang minim perawatan, kecuali terjadi kebocoran akibat kesalahan pengecoran dan ketiadaan lapisan waterproof . Untuk genting, perawatan hanya pada pengecatan ulang dan penggantian saat terjadi kebocoran.

Atap kaca punya maintenance yang relatif rutin agar kaca tetap bersih dari debu dan kotoran. Cahaya pun tetap bisa masuk. Sedangkan polikarbonat tak perlu banyak perawatan, namun harus melakukan pergantian rutin 5-10tahun sekali.

Kesesuaian desain
Pilih jenis penutup atap yang sesuai dengan desain rumah. Jika rumah berkonsep tropis dengan atap genting, Anda bisa menyelaraskan atap carport dengan jenis penutup yang sama.

Penyesuaian juga bisa berdasarkan bentuk atap atau desain fasad. Misalnya, untuk jenis rumah modern dengan permainan garis yang tegas, bentuk atap datar sangat cocok. Sebagai penutup atap, lembar polikarbonat, kaca atau dak beton bisa jadi pilihan utama.

Bentuk yang cocok
Sesuaikan penutup atap dengan bentuk carport yang Anda inginkan. Untuk bentuk atap miring atau pelana, hampir semua jenis penutup bisa diaplikasikan. Kecuali, jika menginginkan kemiringan di bawah 35º , atap genting tak bisa digunakan.

Untuk atap melengkung, polikarbonat jadi alternatif utama. Selain sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk, harga yang terjangkau menjadi pertimbangan dibanding kaca lengkung yang cukup mahal.

Daya tahan
Setiap material punya daya tahan yang berbeda satu dengan yang lain. Baik secara waktu maupun kekuatan. Polikarbonat misalnya, walau kokoh menahan panas dan hujan, dalam waktu 5 hingga 10 tahun material mulai kaku, berlumut dan mudah retak.

Sedangkan kaca bisa tahan lama hingga bertahun-tahun, namun sangat riskan terhadap benturan benda keras. Sedangan jenis beton dan genting termasuk penutup atap yang mempunyai daya tahan paling lama.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel