830 Senin, 10 Februari 2014 | 11:56:14

10 Cara Mendapatkan Instalasi Listrik yang Aman

10-cara-mendapatkan-instalasi-listrik-yang-aman

Kehidupan kita sehari-hari tidak bisa lepas dari listrik. Bisa dibilang, listrik adalah salah satu kebutuhan pokok. Akan tetapi, listrik juga bisa mendatangkan bahaya. Untuk menghindari bahaya listrik, Anda harus memerhatikan instalasinya dengan baik. Berikut ini adalah sepuluh tips yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh instalasi listrik yang aman.

Gunakan petugas elektrikal bersertifikasi
Ketika membangun jaringan listrik, pastikan Anda menggunakan petugas instalatur (pemasang instalasi listrik) yang telah bersertfikasi. Hindari menggunakan petugas yang tidak jelas atau tukang bangunan biasa.

Dengan menggunakan petugas bersertifkasi Anda dapat mengajukan Surat Laik Operasi (SLO). pada badan Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil). Surat ini nantinya menjadi ijin ke PLN untuk mendapatkan aliran listrik.

Pilih peralatan listrik ber-SNI
Perangkat rumah tangga bertenaga listrik sudah menjadi kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Tapi perlu Anda ingat untuk selalu memperhatikan kualitasnya, tidak sekadar harga murah. Pastikan produk berlogo SNI.

Standar keselamatan pada perabot ber-SNI sudah terjamin. Namun sekali pastikan pemasangannya sesuai ketentuan dalam manual book . Pemasangan tidak tepat pada perabot ber-SNI juga berpotensi membahayakan pemilik rumah.

Pasang MCB (Mini Circuit Breaker)
MCB menjadi pengaman pertama bagi jaringan listrik rumah. Fungsinya melindungi jaringan dan perabot listrik saat terjadi arus berlebih. Saat terdeteksi kelebihan arus, MCB akan mematikan aliran atau trip .

Tapi perlu diingat, jangan menggunakan kabel jaringan yang daya hantarnya lebih kecil dari MCB. Karena saat kelebihan arus, MCB tidak akan medeteksi. Akibatnya kabel bisa panas dan rusak. bahkan menyebabkan arus bocor dan kebakaran.

Pasang Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)
ELCB atau Gawai Proteksi Arus Sisa (GPAS) merupakan alat pencegah arus bocor penyebab kebakaran dan sengatan listrik terhadap manusia. Saat terjadi kebocoran, arus akan terputus secara otomatis seketika, mekanismenya serupa dengan MCB.

Untuk proteksi kebakaran pilih ELCB dengan sensivitas 300mA. Sedangkan proteksi pada manusia tingkat sensivitas 30mA. Alat pemutus arus ini dapat dipasang tiap perabot listrik yang sering bersentuhan dengan manusia, misal kulkas, water heater , setrika dan perabot listrik lain. Bisa juga dipasang di Panel Hubung Bagi (PHB) namun dengan tingkat sensitvitas yang berbeda.

Jaringan sesuai kapasitas
Hindarkan dalam satu jaringan kapasitas yang ditanggung berlebihan. Misal untuk satu sekring, kabel yang dipakaiberdiameter 2,5mm dengan hantaran daya sampai 10ampere sehingga daya maksimal 2200VA. Jika beban lebih dari 2200VA harus membuat jaringan baru.

Jika ingin menambah jaringan listrik , misal ketika meningkat rumah atau menambah ruang, panggil instalatur listrik. Petugas instalatur akan menghitung kapasitas jaringan yang ada, memenuhi syarat atau tidak. Termasuk menghitung beban perabot yang akan dipasang. Jika tidak memenuhi, maka harus membuat jaringan baru dan terpisah dari aliran utama.

Membagi jaringan sesuai daya
Banyaknya jaringan listrik dengan daya yang berbeda dalam rumah menuntut Anda melakukan pembagian daya listrik. Misal untuk dapur, jaringan AC, dan waterheater mempunyai jaringan daya tersendiri. PHB dan ELCB-nya harus terpisah dari ruang utama seperti kamar dan ruang keluarga. Pembagian juga berlaku untuk tiap lantai.

Selain memperingan beban yang ditanggung, pembagian jaringan juga mempermudah Anda ketika ingin mengecek kerusakan atau bocor karena trip hanya akan terjadi pada jaringan yang

Tambah daya
Ketika Anda merenovasi rumah, pasti akan muncul kebutuhan jaringan dan perabot listrik yang baru. Tentu daya listrik yang masuk juga harus meningkat agar penggunaan jaringan lebih optimal.

Misal beban daya rumah setelah renovasi melebihi kapasitas yang Anda miliki, ambil contoh semula 1300A, kini jadi 1600A. Maka Anda perlu menaikkan daya hingga 2200A.

Mintalah skema jaringan listrik
Untuk mempermudah proses perawatan dan perbaikkan, mintalah skema jaringan listrik pada petugas pemasang. Misal instalatur listrik maupun pengembang perumahan jika Anda membeli rumah baru. Skema jaringan umumnya di berikan oleh petugas instalsi bersertifikasi sebelum mendapatkan Surat Laik Operasi (SLO).

Dari skema ini Anda dapat mengetahui kualitas jaringan kabel yang terpasang. Mulai dari jenis, ukuran, sambungan dan daya kabel. Gambar rancana pemasangan ini juga mempermudah Anda untuk menemukan jaringan kabel jika ada kerusakan. Selain itu, juga mempermudah ketika akan mengembangkan rumah dengan jaringan dan perabot baru.

Cek arus bocor
Jika MCB atau ELCB sering terjadi trip (mati), maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan jaringan. Siapa tahu ada yang rusak. Pengecekan dapat dilakukan dengan memanggil instalatur listrik yang berkompeten. Atau Anda dapat melakukan pengecekan secara mandiri. Prosesnya dengan mematikan jaringan MCB satu per satu untuk melihat jaringan yang rusak. Setelah itu ganti dengan jaringan rusak dengan yang baru.

Kerusakan umumnya disebabkan pleh jaringan yang terendam air, isolasi kabel lecet, dan binatang yang masuk dalam boks sambungan(bertelur/mati/dikecingi). Untuk pencegahan sambungan kabel harus ditutup rapat. Gunakan perlindungan kabel berupa pipa, atau gunakan kabel multicore misal kabel NYM.

Cek setiap lima tahun sekali
Seperti halnya makanan, kabel dan jaringan listrik mempunyai batas guna, terlebih jika penggunaanya berlebihan dan pemasangan instalasi “mandiri”. Untuk itu lakukan pengecekan secara berkala setiap 5tahun sakali. Pengecekan meliputi kondisi tahanan isolasi, grounding (tahanan tanah), kualitas sambungan, hingga pembatas arus.

Untuk pengecekan tak dapat dilakukan mandiri. Butuh instalatur atau petugas listrik bersertifikasi. Jika ada yang rusak atau mebahayakan tidak harus ganti keseluruhan, cukup ganti satu rangkaian yang rusak.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel