189 Rabu, 29 Januari 2014 | 04:17:58

Cara Memperbaiki Struktur Beton yang Rusak

cara-memperbaiki-struktur-beton-yang-rusak

Ada berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi pada struktur beton Anda. Mulai dari retak rambut sampai retak struktural. Beda kerusakan beda pula penaganannya. Berikut ini adalah lima cara sederhana untuk menghadapi kerusakan struktur beton Anda.

Kerusakan struktur
Pembongkaran harus dilakukan jika terjadi kerusakan struktur. Misal sehabis ada gempa, atau muncul retak dengan lebar lebih dari2 mm dengan pola membujur, melintang, diagonal. Harus dilakukan pengecekan sumber retaknya, akibat beban tekan, tarik atau geser.

Jika dalam struktur juga terdapat retak di banyak titik, berarti ada kesalahan desain. Solusinya harus dilakukan perbaikan, perhitungan ulang pembebanan, dan perkuatan sesuai dengan kasus yang terjadi dan penyebabnya.

Pengaman sementara dan konsultasi
Sebagai pengaman, buat penyangga terlebih dahulu pada bagian struktur. Kemudian lakukan konsultasi dengan kontraktor atau pakar struktur untuk tindakan selanjutnya. Beberapa perusahan semen mempunyai saluran layanan pelanggan yang dapat dihubungi.

Jangan sembarangan menutup
Cek terlebih dahulu penyebab kerusakan yang terjadi. Jangan asal menutup retakan yang ada dengan grouting (adonan semen pengisi dengan senyawa kimia tertentu) karena hanya bersifat menambal. Jika penyebabnya tidak terselesaikan, grouting akan retak lagi karena sekadar menyembuhkan kulit luar saja.

Kerusakan non-struktur
Aplikasi grouting cocok untuk jenis kerusakan non-struktur, dengan lebar retakan <2 mm berbentuk tidak beraturan. Misal retak rambut pada acian. Jadi tidak perlu membongkarnya, cukup diplamir/ditutup saja. Retakan dichiping (dibuka) dulu kemudian diisi dengan grouting . Agar hasil optimal, gunakan aplikator khusus grouting.

Jangan lupa dana!
Untuk proses pengecekan Anda harus mempersiapkan dana lebih dulu. Terlebih jika kerusakkan yang terjadi cukup parah. Untuk kontraktor umumnya butuh dana Rp5juta hingga Rp10juta sesuai dengan tingkat kerusakan,kondisi dan lokasi rumah yang rusak. Selain dana, jangan lupa mempersiapkan data lengkap mengenai gambar perencanaan rumah dan spesifikasinya.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel