349 Rabu, 29 Januari 2014 | 02:03:32

Ini Dia Material Penyusun Beton Bertulang

ini-dia-material-penyusun-beton-bertulang

Kolom, balok lantai, dan pondasi merupakan beberapa elemen bangunan yang menggunakan beton bertulang. Kekuatan bangunan Anda sangat bergantung pada ketiga elemen bangunan ini. Jika Anda akan membangun bangunan dengan struktur beton, saatnya Anda tahu apa saja penyusun dari jenis struktur ini. Material penyusunnya adalah semen, pasir, batu, dan tentunya tulangan berupa baja.

Ada beberapa jenis semen yang beredar di pasaran, PCC (Portland Composite Cement ), PPC (Portland Pozzoland Cement ), dan OPC (Ordinary Portland Cement ). Semua jenis semen tersebut bisa untuk beton rumah tinggal. Namun jenis PPC punya kelebihan tersendiri.

PPC mengandung pozolanic active  sehingga lebih mudah dikerjakan, lebih mengawetkan beton, lebih tahan sulfat, beton lebih kedap, dan tidak mudah terjadi retak rambut. Semen jenis ini cocok untuk beton cor volume besar karena panas hidrasinya lebih rendah.

Material penyusun berikutnya adalah pasir. Jenis pasir yang bagus adalah pasir dengan kandungan lumpur yang sedikit. Misal pasir galunggung/pasir beton, pasir putih (pasir bangka), dan pasir sungai berwarna hitam.

Salah satu ciri pasir yang mengandung lumpur yaitu berwarna kecoklatan. Saat dicuci akan menghasilkan warna air yang keruh. Ketika digenggam seringkali menggumpal.

Berikutnya adalah batu atau kerikil. Batu split yang digunakan juga ada standarnya. Baik ukuran maupun bentuknya. Tidak mudah tergores, tidak boleh terlalu pipih karena mudah pecah atau tidak boleh bulat karena licin dan semen sulit merekat.

Jenis batu yang digunakan berupa batu cadas atau batu kali yang dipecah. Ukuran yang dipakai bisa split 1/2 atau split 3/4 menyesuaikan dengan kerapatan besi tualangan struktur rumah.

Baja merupakan salah satu material yang paling penting pada beton bertulang. Hal ini dikarenakan beton tidak kuat terhadap tarik. Oleh karena itu digunakan baja yang kuat terhadap tarik sebagai tulangan sehingga struktur beton lebih kuat.

Baja untuk tulangan pada umumnya dijual dengan berbagai ukuran. Jika diameter baja yang digunakan lebih kecil dibandingkan spesifikasi yang ditentukan, kekuatannya tentu akan berkurang. Perhatikan juga jumlah tulangannya.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel