100 Selasa, 28 Januari 2014 | 02:47:52

Agar Aman dan Nyaman di Kamar Mandi

agar-aman-dan-nyaman-di-kamar-mandi

Keamanan dan kenyamanan merupakan satu faktor penting dalam merancang kamar mandi. Itu disebabkan karena banyaknya bahaya yang mungkin terjadi di kamar mandi. Salah satunya adalah terjatuh yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan desain kamar mandi dengan matang agar tidak terjadi bahaya. Berikut ini adalah lima tips mudah untuk keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan kamar mandi.

Area semi basah
Untuk mengurangi intensitas perawatan kayu dan bambu, Anda dapat menempatkan material ini pada dinding. Atau pada lantai di area semi basah seperti toilet maupun wastafel . Jika tetap menggunakan material alam di area basah seperti shower , pastikan menggunakan kayu yang sudah kering dan tahan terhadap air seperti kayu besi atau ulin.

Pengudaraan silang
Faktor kelembaban kamar mandi memudahakan lumut dan jamur berkembang biak dengan cepat. Untuk menghindarinya, pastikan kamar mandi punya bukaan yang cukup. Minimal dua bukaan pada dua sisi dinding yang berbeda agar aliran udara lancar. Satu sebagai lubang masuk, lainnya sebagai lubang keluar.

Pencahayaan yang cukup
Pencahayaan alami juga tak kalah penting untuk mengurangi kelembaban dan serangga yang berdiam dalam kamar mandi. Untuk kamar mandi dengan luas terbatas, Anda dapat menggunakan skylight (jendela atap dari kaca) maupun bukaan atap.

Pelapisan sebagai perawatan
Sebagai pencegahan terhadap lumut dan jamur, pastikan material seperti kayu, bambu dan batu telah dilapis dengan menggunakan cat anti air dan anti jamur. Sesuaikan tampilan pelapis dengan selera Anda. Jika ingin menghasilkan tampilan yang glossy atau mengilap, Anda dapat menggunakan cat berjenis clear coating . Bila ingin menghasilkan tampilan yang alami, jensi cat penetrating finish bisa jadi pilihan.

Pemukaan tak tajam
Ketika mengaplikasikan batu maupun kayu, pastikan permukaannya tidak tajam karena dapat melukai tubuh Anda. Saat terkena air, kulit manusia cenderung melunak dan rentan terluka jika tergores benda tajam. Tapi perlu diingat tak tajam bukan berarti rata. Untuk lantai, permukaan harus tetap kasar agar tak licin.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel