231 Jum'at, 24 Januari 2014 | 05:13:08

Mezanin, Solusi Menambah Ruang

mezanin-solusi-menambah-ruang

Mezanin adalah lantai tambahan yang dibuat diantara lantai dan plafon. biasanya mezanin dibuat menjadi solusi antara kurangnya ruang. Dalam membangun mezanin, Anda bisa menggabungkan strukturnya dengan struktur rumah Anda atau membangunnya secara terpisah. Masih ada beberapa tips lagi yang bisa menjadi panduan Anda dalam merancang. Berikut ini adalah enam tips dalam menyiapkan mezanin untuk rumah Anda.

Perhatikan Jarak Plafon
Salah satu syarat untuk membuat lantai tambahan adalah plafon yang tinggi. Jarak minimal antara lantai mezanin hingga plafon minimal 2,5meter. Oleh karenanya, jarak antara plafon dengan lantai dasar setidaknya sekitar 5-6meter. Bila Anda tidak memiliki plafon yang tinggi, jangan paksakan untuk membangun lantai tambahan karena akan menggangu kenyamanan.

Tentukan Jenis Finishing
Setelah proses pemasangan rangka dan pelapis lantai selesai, sempurnakan tampilan mezanin baru dengan material yang Anda inginkan. Bisa berjenis keramik, karpet, atau parket. Tak lupa buatlah akses tangga menuju ruangan baru di rumah. Anda dan keluarga pun makin leluasa beraktivitas di hunian.

Rencanakan Fungsi dan Desain
Rencananakan fungsi dan desain lantai tambahan sedari awal. Pikirkan dari kegunaan ruangan, beban hidup, material pelapis yang dipilih, hingga peletakan lokasi mezanin.Pikirkan kembali apakah Anda akan memanfaatkan ruangan tersebut untuk aktivitas yang memiliki beban cukup berat, misalnya area tidur, ruang kerja, dan gudang. Atau mezanin digunakan untuk kamar anak yang tak dipenuhi oleh barang furnitur yang besar dan berat. Hal ini akan menentukan jenis rangka dan pelapis yang digunakan.

Siapkan Perkakas
Agar pemasangan rangka mezanin berlangsung lancar, siapkan perkakas yang akan Anda butuhkan. Perhatikan jenis rangka yang digunakan dan sesuaikan dengan perkakas yang dibutuhkan. Misalnya dynabolt , screw , atau perkakas lainnya. Jangan lupa untuk memakai perlengkapan keamanan seperti helm, sarung tangan, dan kacamata.

Cek Rangka
Pilih sistem modul yang dapat dibongkar dan dirakit kapanpun tanpa mengganggu area rumah secara keseluruhan. Perlu diketahui, membangun mezanin tidak harus dengan konstruksi dak beton. Anda pun bisa membuatnya dengan rangka dan lantai dek. Baja ringan bisa pula menjadi pilihan ranga. Namun, perlu diingat untuk meminta bantuan aplikator handal dalam menghitung kebutuhan dan pemasangan baja ringan.

Pilih Material Pelapis Rangka yang Tepat
Anda bisa memakai papan semen sebagai penutup lantai mezanin . Salah satu contohnya adalah papan semen dengan ketebalan 20mm tersebut cocok untuk diaplikasikan di ruang dalam, baik rumah maupun apartemen. Beberapa kelebihan papan semen adalah beban struktur lebih ringan, sistem pemasangan mudah, bersih, fleksibel, dan yang terpenting tahan gempa.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel