66 Jum'at, 24 Januari 2014 | 11:47:18

Renovasi: Investasi atau Ego Pribadi?

renovasi-investasi-atau-ego-pribadi

Ketika sudah ada bajet untuk meng-upgrade rumah, Anda mulai merancang-rancang bagian mana yang akan direnovasi. Sebaiknya benar-benar dipikir; jangan sampai renovasi justru menurunkan nilai investasi rumah Anda!

Kolam Renang
Terkadang kolam renang dianggap salah satu fitur rumah dengan perawatan ekstramahal dan berbahaya untuk anak. Perlu dipikirkan juga manfaat dan urgensinya.

Renovasi berlebihan
Untuk meningkatkan nilai rumah, seringkali pemilik rumah malah membangun rumahnya dengan berlebihan dan terlihat mencolok, berbeda dengan rumah di sekitarnya. Maukah ada orang yang membeli rumah Anda yang harganya dua kali lipat daripada rata-rata harga rumah di sekitarnya?

Lanskap berlebihan tak dirawat
Pembeli rumah akan senang dengan kecantikan lanskap rumah. Tetapi jika tidak dirawat maka akan menurunkan nilai rumah, karena halaman justru terlihat suram.

Upgrade inkonsisten
Menaikkan kelas furnitur rumah tanpa dibarengi lantai dan dinding yang sekelas justru akan membuat rumah tersebut terlihat aneh. Perhatikan desain interiornya agar konsisten.

Karpet
Sudah harganya relatif mahal, ada orang yang menghindari karpet karena alergi. Warnanya juga kadang bikin bingung, harus memilih cat tembok berwarna sesuai. Sebagai investasi, karpet kurang bagus. Lantai parquet lebih baik.

Perubahan tak terlihat
Sistem pipa yang baru atau pendingin udara mungkin penting. Tetapi perubahan yang tidak terlihat ini tidak meningkatkan nilai jual rumah. Sebaiknya hal ini masuk ke pos perbaikan reguler, bukan untuk menaikkan nilai investasi.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel