99 Rabu, 22 Januari 2014 | 02:24:32

Kiat Menata Ruang Kerja

kiat-menata-ruang-kerja

Memiliki ruang kerja  yang nyaman pasti membuat Anda bekerja lebih baik. Produktivitas meningkat dan tidak ada kesulitan dalam melakukan pekerjaan. Tidak sulit mendapatkan ruang kerja  yang nyaman itu. Yang harus Anda lakukan adalah menata ruang kerja Anda. Bagi Anda yang sulit memulai dari mana dan bagaimana menata ruang kerja  Anda, berikut ini kami berikan enam tipsnya!

Tentukan Tema Ruang
Ada berbagai tema interior yang bisa Anda pilih. Jika Anda menginginkan tampilan ruang yang “clean”, pilih desain modern. Manfaatkan material kayu yang di-finish duco putih sebagai pembentuk furnitur. Untuk pelapis dinding, Anda bisa membubuhkan rona netral atau monokrom, seperti hitam,abu-abu, putih, atau krem.

Sedangkan jika Anda mendambakan ruangan kerja yang berkesan hangat, Anda bisa menggunakan perabot dengan tampilan material kayu dengan finishing natural bisa jadi pilihan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan
Ketika menata interior rumah jangan lupakan formula utama, yaitu form follow function (bentuk mengikuti fungsi). Oleh karenanya, tetapkan elemen-elemen apa saja yang akan ada di ruangan tersebut berdasarkan fungsi. Misalnya meja kerja, alat elektronik, lampu, rak buku, dan lainnya. Buatlah daftar agar tidak merepotkan ketika memasuki tahap pengerjaan.

Furnitur yang Cocok
Furnitur adalah elemen terpenting dari sebuah ruang kerja. Meja kerja, kursi, dan rak untuk menyimpan dokumen merupakan elemen terpenting untuk menunjang kinerja Anda di rumah.

Pilih kursi yang ergonomis dengan sandaran yang dapat menopang tubuh Anda. Dari segi bentuk, pilihlah kursi yang dilengkapi dengan roda agar Anda bisa bergerak dengan nyaman. Sedangkan untuk meja, sesuaikan dengan bentuk kursi agar ada keselarasan dalam ruangan.

Optimalkan Partisi
Untuk menjaga privasi ruang kerja yang menyatu dengan area lain, Anda bisa memasang partisi. Tak harus berupa sekat masif, material kaca jenis tempered bisa jadi alternatif agar ruang tak terlihat makin sempit. Agar tetap fungsional, Anda dapat mengggunakan penyekat ruang berbentuk rak.

Perangkat Elektronik
Ada beragam peranti elekronik yang digunakan untuk menunjang produktivitas kerja. Komputer, laptop, mesin fax, printer, atau scanner adalah beberapa di antaranya. Selain peralatan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda menempatkan perangkat hiburan. Misalnya, TV, DVD Player, atau Mini Home Theater. Alat tersebut bisa membuat Anda rileks sejenak untuk melepas penat.

Stop Kontak
Pada tahap persiapan, hitung berapa kebutuhan untuk stop kontak. Agar tampilannya tidak merusak keindahan ruang kerja, buat stop kontak menyatu dengan meja (built-in). Anda bisa menanam stop kontak di meja yang bisa mengakomodasi kebutuhan listrik lampu meja, komputer, printer, dan lainnya.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel