276 Selasa, 21 Januari 2014 | 03:15:30

Pilih-Pilih Pelapis Dapur

pilih-pilih-pelapis-dapur

Di pasaran, jenis bahan pelapis dinding dan meja dapur ada banyak. Memilihnya tidak bisa sembarangan. Bahan tersebut bukan sekadar indah, namun juga bermutu. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari kualitas, corak, hingga penempatan sehingga membuat dapur indah dan awet. Simak berikut panduan mudah ketika Anda memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Tahan lama
Meja dapur menjadi alas untuk berbagai persiapan mengolah makanan. Wajar saja, jika meja banyak bersentuhan dengan perabot dapur. Begitu juga dengan dinding.

Utamanya dinding di dekat meja kerja. Karena itu material pelapis meja dan dinding dapur harus tahan lama. Tak hanya tahan gores tapi juga tahan kelembapan tinggi. Ini karena meja kerja dapur juga sering bersentuhan dengan air.

Anda bisa pilih material alam maupun olahan seperti solid surface , granit, marmer, dan keramik. Sebaiknya tidak menggunakan pelapis HPL (High Pressure Laminate) karena material tersebut relatif cepat rusak jika sering terkena air.

Perawatan mudah
Meja dan dinding sudah pasti akan sering terkena noda. Karena itu pilih pelapis yang mudah dibersihkan. Jika menggunakan potongan tile, pilih yang berukuran tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar. Perhatikan juga jarak nat tidak terlalu lebar. Nat lebar rentan menyimpan sisa atau noda makanan. Sebagai perbandingan, perawatan keramik lebih mudah dibanding mozaik.

Meski penampilan mozaik indah, tapi relatif sulit dibersihkan dibandingkan keramik. Keramik berukuran 10cm x 10cm, sementara mozaik 2-4cm. Ini membuat mozaik memiliki nat yang lebih banyak.

Dapat diperbaiki
Intensitas penggunaan yang tinggi membuat kemungkinan material berbenturan dan rusak menjadi semakin besar. Pilih material yang dapat diperbaiki seperti granit dan solid surface . Jika retak atau berlubang tak perlu ganti seluruhnya, karena bagian yang rusak dapat ditambal.

Berbeda dengan material stainless steel dan cermin. Jika kedua material ini rusak di sebagian sisi saja, harus diperbaiki keseluruhan.

Sedikit pori dan aman digunakan
Banyak pori memungkinkan kuman atau pun noda tinggal di dalam dan susah dibersihkan. Material solid surface unggul dalam hal ini.

Meski begitu marmer dan granit masih dapat digunakan selama perawatan dilakukan secara berkala. Meja dan dinding mudah bersentuhan langsung dengan bahan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Gunakan material pelapis yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel