71 Senin, 13 Januari 2014 | 12:15:17

4 Tips Memilih Cat

4-tips-memilih-cat

Selain memperindah tampilan tembok, cat juga memiliki fungsi untuk melindungi tembok. Agar aman pada Anda dan dinding tetap baik, ada beberapa hal yang harus dicermati dalam memilih cat. Berikut ini adalah 4 hal tersebut.

1. Ramah lingkungan, aman bagi kesehatan
Keselamatan penghuni adalah hal yang utama. Oleh karena itu, pilihlah cat tembok yang ramah lingkungan. Cat yang aman bagi kesehatan tidak mengandung bahan kimia timah hitam (Pb) dan logam merkuri (Hg). Selain dua kandungan tersebut, pilih juga cat yang berlabel free lead , low volatile organic compound (VOC) . Cat yang ramah lingkungan juga tidak mengeluarkan bau yang menusuk hidung.

2. Bedakan eksterior dan interior
Pilihlah cat sesuai dengan lokasi aplikasi. Untuk pengecatan ruang luar, pilih cat yang tahan terhadap terpaan sinar matahari, hujan, dan perubahan suhu. Tujuannya, warna cat tak mudah pudar dan mengalami kerusakan seperti lapisan retak-retak. Sebagian produsen menyebut cat jenis ini weatherproof, weathershiled, weathercoat, dan easyshield .

Sedangkan untuk jenis cat interior beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan adalah mudah perawatan dan kualitas warna yang bertahan lama. Pengecatan ulang tiap tahun pun bisa diminimalkan.

3. Lapisan antijamur
Bila hunian Anda sering terkena banjir, pilih cat yang mengandung lapisan antijamur. Baik untuk dinding eksterior maupun interior.

Kondisi pasca hujan yang lembap membuat jamur bisa berkembang biak dengan cepat, salah satunya di dinding rumah. Jika tak ditangani dengan cepat, jamur bisa mengeluarkan spora yang bisa merusak lapisan cat tembok.

4. Mudah dibersihkan
Cat yang tahan noda dan mudah dibersihkan juga pilihan tepat untuk tembok rumah.  Ini merupakan bentuk investasi. Ini karena Anda tak perlu sering mengecat ulang karena noda coretan atau lumpur.

Bila menginginkan hasil setengah mengilap, tahan gores dan tahan gosokkan, Anda bisa memilih cat jenis vynil silk  atau pearl go . Cat jenis ini amat mudah dibersihkan cocok digunakan pada dapur, garasi, kamar mandi atau tempat-tempat lain yang rawan kotor. Namun ingat, noda yang bisa di bersihkan bersifat waterbase.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel