143 Kamis, 09 Januari 2014 | 04:47:39

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Olahan untuk Furnitur

mengenal-jenis-jenis-kayu-olahan-untuk-furnitur

Kayu untuk furnitur, nyatanya tidak didominasi kayu jati, nyatoh, atau kayu solid lainnya. Saat ini, banyak beredar kayu olahan untuk furnitur dengan harga murah. Tentu saja, kayu olahan ini berbeda dengan kayu solid, yang memiliki ketahanan tinggi terhadap beban dan kepadatan yang tinggi sehingga cocok untuk furnitur apapun, termasuk furnitur dengan ukiran. Berikut ini beberapa jenis kayu olahan yang banyak beredar di pasaran.

Kayu Lapis (Plywood)
Kayu lapis yang lebih dikenal dengan sebutan tripleks atau multipleks. Kayu jenis ini banyak dipakai untuk furnitur modern karena berbentuk lembaran sehingga lebih mudah dibentuk lemari meja ataupun ranjang.

Tripleks terdiri dari 3 lapisan, sedangkan multipleks terdiri lebih dari 3 lapisan. Jumlah lapisan ini harus selalu ganjil,  jumlah ganjil diyakini lebih kuat dibandingkan dengan genap.

Plywood mempunyai permukaan polos dan tidak memiliki serat yang khas. sehingga perlu diberi pelapis tambahan ketika digunakan sebagai bahan furnitur.

Block Board
Block board merupakan potongan balok kecil berukuran 4-5cm yang dipadatkan dengan mesin dan diberi pelapis sehingga hasil akhirnya berbentuk lembaran menyerupai papan.

Karena polos, bagian atas block board biasanya dilapisi dengan veneer. Nah, jenis veneer inilah yang menentukan nama blockboard.

Kayu MDF
MDF (Medium Density Fiberboard) merupakan kayu olahan yang dibuat dari bubuk kayu, kemudian dicampur bahan kimia tertentu lalu dipadatkan menggunakan media lem dengan pengeringan bersuhu hingga 1.800 derajat celsius. Bentuk akhir MDF berupa papan atau lembaran yang siap dipotong sesuai kebutuhan.

Particle Board
Proses pembuatannya mirip dengan kayu MDF, namun terbuat dari serbuk kayu, kemudian dicampur bahan kimia tertentu lalu dipadatkan menggunakan media lem. Karena direkatkan dengan lem, maka jika terkena air particle board akan tercerai berai dan kekuatannya akan hilang. Selain itu particle board juga dapat melengkung jika menahanbeban berat. Bahan ini biasanya dipakai untuk furnitur knock down.

( Rahma Yulianti )
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel