414 Kamis, 12 Desember 2013 | 04:42:22

Ini Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

ini-kelebihan-dan-kekurangan-atap-asbes

Atap asbes merupakan jenis atap rumah yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Seperti namanya, atap ini terbuat dari asbes/asbestos yakni suatu bijih mineral alami yang diolah sedemikian rupa dan menjadi suatu bahan bangunan yang siap untuk digunakan. Atap asbes sendiri terbuat dari susunan berbagai serat asbes yang sangat halus dan kasat mata dengan berat yang sangat ringan.

Di pasaran, produk atap asbes ini terdiri dari 5 macam bentuk, yaitu :

  • Asbes gelombang : biasanya digunakan sebagai atap bangunan dengan ukuran yang lebar dan permukaan bergelombang
  • Asbes plat : biasanya digunakan untuk plafon rumah dan memiliki bentuk permukaan yang datar
  • Asbes genteng : digunakan sebagai atap bangunan dan berbentuk seperti genteng pada umumnya
  • Nock asbes : biasanya digunakan untuk menutup sudut atas dari asbes gelombang
  • Karpus asbes : digunakan untuk menutup sudut atas dari asbes genteng


Meskipun sekarang ada banyak variasi bahan genteng rumah, masih banyak orang yang menggunakan atap asbes sebagai pilihannya. Hal ini tidak lain karena harganya yang relatife lebih murah dan pemasangannya yang jauh lebih mudah. Selain itu, pemasangan atap ini juga membutuhkan kayu reng yang lebih sedikit daripada atap lainnya karena ukurannya yang lebar itu. Berbeda dengan seng, ruangan yang beratapkan asbes juga cenderung lebih sejuk karena asbes tidak menyerap panas matahari. Alasan lain adalah atap asbes terkenal tahan air dan api sehingga tidak mudah bocor dan tidak mudah terbakar.

Namun di balik berbagai kelebihan yang dimilikinya, ternyata atap asbes memiliki efek buruk yang bisa membahayakan kesehatan manusia. Hal ini tidak lain akibat dari partikel penyusun asbes ini yang memiliki ukuran sangat halus sehingga mudah diterbangkan oleh angin. Akibatnya, partikel asbes yang dihirup secara terus-menerus bahkan mampu menyebabkan kanker paru-paru.

Oleh sebab itulah, saat ini pemakaian asbes sudah dilarang di beberapa negara maju. Di Indonesia sendiri, sudah jarang toko bangunan yang menyediakan produk dari asbes ini. Atap asbes hanya bisa ditemukan pada bangunan lama dan hampir tidak dipakai pada pembangunan model rumah saat ini. Adapun sebagai pengganti asbes, lebih disarankan menggunakan atap fiberglass.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel