90 Selasa, 10 Desember 2013 | 10:57:52

3 Kesalahan Arsistek dalam Membuat Toilet

3-kesalahan-arsistek-dalam-membuat-toilet

Buruknya kondisi toilet di sekolah-sekolah di Indonesia ternyata sedikit banyak dipengaruhi oleh para arsitek yang melakukan kesalahan dalam mendesain dan membangun toilet. Hal itu diungkapkan oleh Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia.

"Buruknya kondisi toilet di sekolah-sekolah ini permasalahan utama karena salah desainer atau arsiteknya," kata Naning di Jakarta.

Naning menjabarkan, kesalahan pertama karena seringnya toilet dibangun terakhir dan ala kadarnya. Menurutnya, letak toilet idealnya harus dipikirkan pertama kali saat mendesain sekolah.

Selain waktu perancangan, kesalahan kedua adalah, ukuran toilet yang belum menjadi perhatian para arsitek.

"Panjang ke samping itu minimal 75 cm, seperti saat kita setengah merentangkan kedua tangan kita. Panjang ke depan-belakang paling tidak 1 meter," tutur dia.

Kesalahan ketiga, letak toilet sering tidak memungkinkan memiliki lubang sirkulasi udara. Padahal lubang sirkulasi penting untuk menghindari munculnya jamur.

"Prinsip dalam mendesain toilet itu harus aman, nyaman dan kering. Itu yang harus jadi patokan desainer supaya tidak salah lagi," pungkasnya.

Im Suryani
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel