99 Selasa, 10 Desember 2013 | 03:49:31

5 Cara Menjadikan Teras Sebagai Ruang Tamu

5-cara-menjadikan-teras-sebagai-ruang-tamu

Apakah Anda sering menikmati waktu bersantai dengan duduk-duduk di teras rumah? Bagaimana rasanya? Menenangkan sekali bukan? Kenapa tidak menjadikannya sebagai ruang tamu saja dan memberikan kesempat kepada orang lain untuk merasakannya juga? Tren rumah yang berkembang akhir-akhir ini adalah menjadikan teras sebagai ruang tamu tambahan. Hal ini dimaksudkan agar suasana saat menerima tamu terasa lebih santai dan tidak membosankan, terutama untuk rumah mungil. Karena kebiasaan inilah, maka muncul ide untuk mempercantik tampilan teras sehingga layak menjadikannya sebagai sebuah ruang jamuan.

Dahulu kala, teras mempunyai banyak sekali fungsi. Mulai dari tempat bercengkrama, tempat mengolah makanan, tempat menganyam tikar, tempat bermain anak, hingga tempat bermusyawarah. Kemudian fungsi ini sedikit memudar seiring datangnya tren rumah modern yang memiliki ruangan tersendiri untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Tren kemudian mengalami perubahan lagi dan menjadikan keberadaan teras sebagai ruang tamu tambahan. Tren ini biasanya melanda rumah berukur kecil dan menjadi solusi yang tepat untuk menghadirkan kesan nyaman bagi orang yang berkunjung ke rumahnya.

Meski kelihatannya gampang, tidak mudah bagi kita untuk mengubah fungsi dari teras ini. Simak tips berikut :

1. Pemilihan Warna Cat Dinding
Tema ruang tamu di teras yang paling cocok dibangun adalah gaya natural sehingga mampu menyatu dengan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu, memilih warna cat khas lingkungan alami sangat dianjurkan. Mulailah dengan pilihan warna hijau, cokelat, hitam, kuning, jingga, dan lain-lain. Sementara untuk menghadirkan aroma kekeluargaan, Anda bisa melukiskan warna aksen dari jenis warna hangat.

2. Lantai Tahan Banting
Lantai merupakan bagian kedua terpenting saat Anda hendak merubah fungsi suatu ruangan. Mengingat teras berada di lingkungan eksterior rumah, maka jenis lantai pun dipilih yang tahan sengatan terik matahari dan air hujan. Sedangkan untuk warnanya bisa disesuaikan dengan desain rumah yang hendak dibangun dan warna cat yang digunakan. Biasanya, warna lantai yang gelap menjadi pilihan favorit.

3. Furnitur Berbobot Ringan
Meski pada umumnya sebuah ruang tamu dilengkapi sofa, tetapi untuk ruang tamu di teras memaksa Anda memilih bahan kursi yang aman dan awet. Adapun kursi dan meja kayu masih menjadi primadona furnitur untuk eksterior rumah. Sedangkan untuk alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan furnitur lipat sehingga bisa disimpan dengan mudah.

4. Aneka Tanaman Hias
Tidak lengkap rasanya mempercantik tampilan luar rumah tanpa tanaman hias. Keberadaan tanaman berfungsi sebagai aksesoris sekaligus menciptakan kesan yang teduh. Pilih tanaman hias berbunga agar aroma di teras terjaga keharumannya. Sementara untuk tanaman berdaun indah memungkinkan Anda menjaga dekorasi tetap terlihat cantik.

5. Teknik Pencahayaan
Dekorasi ruang tamu di luar rumah memanfaatkan dua jenis pencahayaan sebagai penerang ruangan, yakni pencahayaan utama dan khusus. Pencahayaan utama berguna sebagai sumber cahaya utama. Biasanya berwarna putih, diletakkan di atas meja tamu, dan memiliki watt yang besar agar penerangannya bisa maksimal. Pencahayaan khusus berupa lampu-lampu taman dan berfungsi untuk memperindah tampilan taman sehingga suasana di malam hari tidak membosankan.

Pertanyaan yang harus Anda pecahkan saat hendak merubah fungsi teras menjadi ruang tamu yang ideal adalah bagaimana Anda menjamin kenyamanan bagi orang yang berkunjung ke rumah? Bagaimana dia bisa menikmati suasana di luar rumah tanpa terganggu lalu lalang manusia di sekitarnya? Dan tentu saja, bagaimana Anda mengolah teras menjadi tempat yang tepat untuk membahas suatu masalah? Selamat berkreasi!

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel