120 Kamis, 05 Desember 2013 | 10:20:15

Yuk Membuat Taman Hujan

yuk-membuat-taman-hujan

Taman hujan adalah konsep baru penyerapan air hujan ke dalam tanah, yang berupa neraca air mini. Neraca air adalah tempat air hujan berkumpul dan terserap, sehingga tercipta keseimbangan keseimbangan dalam air tanah. Seperti terbentuknya danau, rawa, empang dan situ.

Jika Anda tertarik membuat taman hujan. Berikut beberapa tahapan membuatnya:

  • Tempatkan taman pada lokasi yang baik, misalnya bukan di atas basement atau menempel pada dinding agar air tak merusak dinding bangunan atau fondasi. Jarak idealnya adalah 3m2 dari dinding bangunan.
  • Galilah tanah sedalam 90m2-100m2. Pada bagian paling bawah, sekitar 30cm isi dengan split atau puing agar air dapat dengan mudah diserap tanah. Masukan media tanam dengan perbandingan topsoil: kompos:air = 3:2:5 sedalam 50cm.
  • Pilih tanam lokal karena mudah beradaptasi dengan baik terhadap iklim di daerah Anda.
  • Tanam tanaman tersebut di atas topsoil tadi. Tanaman yang tinggiditanamn di area tengah, dan semakin ke pinggir semakin pendek. Setelah menanam, tutup permukaan tanah dengan mulsa serbuk gergaji dan serpihan kayu. Mursa ini berguna untuk menyerap logam berat seperti tembaga, timah, zinc, cadium, chrom  dan lainya.

Selamat mencoba!

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel