210 Selasa, 03 Desember 2013 | 09:29:51

Utak-atik Plafon Agar Ruang Terasa Luas

utak-atik-plafon-agar-ruang-terasa-luas

Ruang tidur yang sempit dapat disiasati dengan mengecat dinding dalam warna gelap dan menaikkan sebagian plafon. Atur agar arah lampu menyorot bagian plafon yang dinaikkan agar kesan tinggi kian terasa. Membuat langit-langit ruang terasa lebih tinggi. Salah satu masalah yang kerap kali dijumpai dalam ruang sempit adalah cara menciptakan kesan ruang yang lapang. Luas ruang yang terbatas makin berkesan penuh ketika berbagai perabot dimasukkan ke dalamnya.

Salah satu solusi untuk masalah seperti itu adalah menerapkan trik tertentu yang dapat menyiasati kesan ruang. Plafon merupakan salah satu elemen interior yang dapat dipakai untuk menjawab kebutuhan ini. Simak ulasannya.

- Manfaatkan pengaruh cat. Caranya cat permukaan dinding dengan warna terang sementara permukaan plafon dengan warna gelap. Cara ini akan  menimbulkan kesan langit-langit yang lebih tinggi dan memanjang ke atas.

- Terapkan tehnik memberi ukuran batas atas pada permukaan dinding. Caranya cat area batas atas dinding dan permukaan plafon dengan cat berwarna terang. Sementara itu catlah batas bawah permukaan dinding dengan warna gelap. Cara ini membuat penglihatan kita menangkap kesan bahwa bidang plafon dimulai dari batas atas dinding yang dicat terang tersebut.

- Terapkan tehnik plafon yang dinaikkan (up ceiling). Cara ini ampuh untuk menciptakan langit-langit yang berkesan lebih tinggi.

- Terapkan kombinasi antara tehnik plafon dinaikkan dengan bantuan cat. Lakukan dengan sedikit modifikasi yaitu menciptakan celah horizontal di bidang vertikal plafon . Catlah permukaan bidang plafon dengan warna terang agar langit-langit teras semakin tinggi.

- Lakukan tehnik up ceiling modifikasi. Misalnya taruhlah lampu di celah atas, pada sudut permukaan antara garis sudut dinding dan garis sudut permukaan plafon. Arahkan sinar lampu ke permukaan plafon . Dengan begini permukaan plafon terlihat lebih terang  sehingga berkesan lebih tinggi daripada yang sebenarnya.

- Jika plafon Anda memiliki perbedaan ketinggian sisakan sedikit celah antara sudut pertemuan plafon  dan dinding. Manfaatkan celah ini untuk menaruh lampu  lalu arahkan sinarnya langsung ke bawah. Tehnik pencahayaan langsung (direct lighting) ini serta-merta menciptakan plafon yang berkesan lebih tinggi daripada yang sebenarnya.


Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel