166 Senin, 02 Desember 2013 | 01:52:29

Siapa Bilang Plafon Harus Putih?

siapa-bilang-plafon-harus-putih

Plafon kini termasuk salah satu fitur di dalam rumah yang bisa tampil menarik. Jika dulu plafon identik dengan warna putih polos, kini berbagai pilihan tersedia untuk Anda. Anda bisa tetap menggunakan warna putih, namun membuatnya tampak "turun" dengan plafon dan permainan cahaya. Anda juga bisa memilih warna lain, bahkan tekstur lain dengan memanfaatkan kayu atau gipsum. Jadi, jangan lupakan plafon Anda dan gunakan solusi lain pewarnaan plafon agar rumah tampak menarik.

"Sering sekali kita melupakan plafon," ujar desainer Deborah Wecselman kepada Elle Decor.

"Anda bisa membuat pernyataan desain mencolok dengan menggunakan wallpaper atau cat tembok di plafon. Namun, jika Anda melakukan hal ini, pastikan Anda membuat dinding tetap sederhana," ujarnya.

Anda memang sangat bisa berkreasi dengan plafon. Namun, jika plafon sudah tampak ramai, jangan menambahkan banyak aksen pada dinding Anda. Biarkan dinding dilapisi dengan warna, tanpa corak atau banyak ornamen. Carilah warna dinding yang mampu melengkapi warna plafon Anda.

Elle Decor juga menyebutkan alternatif lain dalam mewarnai plafon. Jika Anda menghindari plafon dengan banyak ornamen, gunakan saja cat tembok untuk mewarnai plafon. Desainer Matthew Patrick Smyth, seperti dikutip dalam Elle Decor, memilih menggunakan warna biru untuk plafon.

"Saya mungkin satu-satunya yang mengetahui hal ini, namun nuansa biru (pada cat tembok berwarna Blue Veil merk Benjamin Moore) membuat saya memikirkan langit," ujar Smyth.

Menurutnya, memilih cat tembok ini adalah cara subliminal untuk mengarahkan orang pada keterbukaan. Tentu, karena asosiasinya pada langit.

Namun, jika biru masih terkesan terlalu lembut, cobalah menggunakan warna terang. Jangan ragu menggunakan warna kuning, coklat, atau warna lain yang mampu berintegrasi dengan furnitur di ruangan tersebut. Mewarnai salah satu area dengan warna terang seperti ini juga mampu "membagi" ruangan tanpa sekat.

"Saya sering menggunakan warna di plafon, warna tunggal atau corak. (Warna di plafon) mampu berfungsi sebagai titik fokal. Misalnya, di atas meja makan di ruang makan berukuran besar. Sebuah blok warna di plafon dengan cepat mampu menangkap mata Anda dan memberikan kepribadian instan pada satu ruangan," ujar desainer Wade Allyn Hallock.

Editor    : Latief
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel