88 Rabu, 20 November 2013 | 10:53:03

Cukup Sekali Suntik, Lampu Ini Langsung Berubah Warna!

cukup-sekali-suntik-lampu-ini-langsung-berubah-warna

Desainer asal Rusia, Taras Sgibnev, mengembangkan produk interaktif berupa lampu yang warnanya bisa diubah sesuai keinginan penggunanya. Sgibnev menggunakan konsep sama dengan warna digital RGB (red, green, blue) untuk memunculkan warna-warni tidak terbatas. Pengguna lampu ini hanya perlu menekan alat suntik berisi warna yang mereka inginkan untuk memproyeksikan warna tersebut pada lampu.

"Proyek ini merepresentasikan proses analog ke konversi digital dari warna," terang Sgibnev.

"Hasilnya, warna apa pun bisa dibuat melalui sistem pencampuran berbasis RGB," tambahnya.

Tiga alat suntik itu menggantung di bawah setiap lampu yang dibuat oleh Sgibnev. Masing-masing alat suntik tersebut berisi tinta dengan warna berbeda-beda, yaitu merah, biru, dan hijau. Namun, bukan tinta tersebut yang membuat warna lambu berubah.

Di dalam lampu, alat suntik tersebut terhubung dengan alat suntik lainnya. Jika salah satu alat suntik ditekan, maka alat suntik yang terhubung padanya akan menggerakkan switch ke prosesor mikro Arduino. Prosesor tersebut mengontrol hasil warna dari cincin LED berbasis warna RGB. Dengan kata lain, suntikan tersebut hanya sebuah alat agar penggunanya mudah mengubah warna lampu secara intuitif.

Lampu ini terbuat dari rangka kayu, lampu-lampu LED yang membentuk cincin, alat-alat suntik, dan prosesor Arduino. Unsur ini, terkecuali tiga alat suntik yang menggantung di bawah lampu berada di dalam tabung reflektif. Ketika dinyalakan, pengguna lampu hanya akan melihat pendar cantik yang warnanya bisa dimanipulasi sesuka hati. Lampu ini juga bisa berfungsi sebagai lampu meja tanpa perlu digantung.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel