57 Jum'at, 08 November 2013 | 09:23:18

Kesalahan Desain Timbulkan Sudut Negatif dalam Ruang

kesalahan-desain-timbulkan-sudut-negatif-dalam-ruang

Desain hunian yang kurang terencana dapat menimbulkan sudut ruang tak tersentuh. Karena jarang disentuh, imbasnya menjadi tak berfungsi. Seperti dikutip dari Buku "101 Inspirasi Sudut Ruang" Karya Imelda Akmal, Jumat(8/11/2013), sudut tersebut yang disebut sebagai ruang "mati" atau ruang negatif.

Sudut negatif adalah ruang kosong yang terabaikan karena tidak ada fungsi yang signifikan di area tersebut. Sayangnya, sering kali sudut-sudut negatif itu justru memiliki luas area yang cukup besar.

Lorong atau koridor baik di dalam maupun di luar rumah, area bawah tangga, loteng dan kolong tempat tidur biasanya tidak terpakai atau kosong.

Faktor utama yang mempengaruhi terciptanya sudut-sudut negatif adalah kesalahan desain. Desain yang tidak tepat, misalnya perhitungan luas dan kapasitas yang keliru, dapat memunculkan sudut-sudut atau ruang negatif.

Lalu, bagaimana dan seperti apa contoh desain yang dapat menimbulkan sudut negatif? Bentuk ruang dengan sudut lancip atau kurang dari 90 derajat dan ruang berbentuk lingkaran adalah dua contoh yang dimaksud.

Bentuk-bentuk itu kurang efektif jika digunakan sebagai ruang. Terkadang, bentuk-bentuk ini tercipta akibat bentuk denah yang rumit, seperti trapesium, jajaran genjang, dan segitiga. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel