131 Jum'at, 08 November 2013 | 08:13:51

Trik Mudah Menekan Biaya Renovasi

trik-mudah-menekan-biaya-renovasi

Tingginya harga bahan bangunan membuat Anda harus mengeluarkan banyak uang, bahkan untuk proyek renovasi kecil di dalam rumah sekali pun. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Seperti dilansir Huffington Post, hal ini juga berlaku di Amerika Serikat. Kontributor Huffington Post, David Bakke, memberikan beberapa cara jitu untuk menekan biaya renovasi. Simak berikut ini langkahnya:

Pertama, pilihlah kontraktor Anda dengan bijak. Kontraktor bisa menjadi sahabat terbaik Anda dalam proyek ini, namun juga bisa menjadi "musuh" terbesar Anda.

Untuk memiliki kontraktor yang terpercaya, cobalah memilih orang yang sudah berpengalaman. Mintalah saran dari keluarga, kerabat, atau rekan kerja Anda. Jangan lupa, cari tahu hasil kerja mereka selama ini. Setelah memilih tenaga berpengalaman, dan yakin atas hasil kerja mereka, sesuaikan juga dengan anggaran Anda.

Kedua, belilah material yang Anda butuhkan sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa mensurvei harga terlebih dahulu dan mencari harga termurah. Bahkan, Anda juga bisa mencari tahu harga lewat internet. Berbagai toko yang menyediakan bahan bangunan dan kebutuhan renovasi kini sudah menyediakan situs online.

Ketiga, cobalah mencari penawaran termurah. Jika Anda menemukan penawaran murah bahan bangunan, pegangan pintu, atau berbagai perlengkapan lain di internet, pertimbangkan biaya kirim dan keamanannya. Jika Anda sudah yakin, asal lebih murah dan berkualitas sama, mengapa tidak?

Keempat, tawarkan bantuan Anda pada sang kontraktor. Tidak perlu memaksakan diri melakukan berbagai pekerjaan yang belum tentu bisa Anda lakukan. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti memindahkan barang-barang.

Kelima, buatlah anggaran dan jangan melenceng dari target tersebut. Cobalah disiplin pada diri Anda sendiri. Jika Anda hanya ingin memperbaiki satu ruang, tetaplah hanya memperbaiki ruang tersebut hingga selesai. Ada waktu dan dana sendiri untuk memperbaiki ruang lain dan membuat berbagai proyek lainnya.

Keenam, siapkan biaya untuk menjalankan proyek ini. Anda bisa meminjam, atau menabung. Jika Anda tidak yakin bisa membayar pinjaman sebelum bunganya membengkak, lebih baik Anda menabung terlebih dahulu. Bila perlu, siapkan akun bank terpisah khusus untuk proyek renovasi. Dengan cara ini, Anda bisa memisahkan kebutuhan biaya kebutuhan sehari-hari dengan biaya khusus untuk renovasi.

Selamat merenovasi!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel