85 Senin, 04 November 2013 | 10:21:00

Lebih Luas untuk Berdua

lebih-luas-untuk-berdua

Apartemen mungil kini semakin menjamur. Salah satunya komplek apartemen di kawasan Kalibata. Unit terbesar pada komplek apartemen ini terdiri dari dua kamar tidur, namun luasnya hanya 5mx6m. Tak banyak alternatif penataan furnitur yang bisa dipilih. Maklum, ruang yang tersedia sangat terbatas. Kamar utama misalnya, luasnya hanya 3mx4m. Hanya cukup untuk tempat tidur, lemari pakaian, meja rias, dan sebuah nakas.

Di saat mayoritas orang hanya memasukan furnitur ke dalam ruang yang telah ada, Arif Sentosa dan Angela Catharina punya ide lain. Pasangan suami-istri yang berprofesi  sebagai arsitek ini pun melakukan renovasi kecil pada apartemen milik mereka.

Letak pintu kamar utama dan kamar anak digeser, sementara dinding pembatas kamar utama dengan kamar anak dan dapur dimodifikasi. Lemari pakaian yang biasanya dibuat sepanjang  3m sesuai lebar kamar  diperkecil menjadi 1,2m. Area sisanya digunakan untuk lemari di kamar anak.  Karena didesain untuk dihuni dua orang, kamar anak lalu diubah menjadi ruang kerja.

Hasilnya, kamar utama menjadi lebih lapang. Ada sepasang nakas di kanan-kiri tempat tidur. Nakas  di dekat lemari pakaian digunakan juga sebagai meja rias. Ruang tidur ini kini terasa lebih nyaman. Membereskan sprei jadi lebih mudah karena ruang  gerak yang semakin luas.

“Banyak orang yang melihat ke sini dan terheran-heran bagaimana apartemen kecil ini bisa terasa lebih lega dibandingkan unit sejenis di sini,” ujar Arif.

Mengubah letak dinding apartemen tidak sesederhana kelihatannya. Pada apartemen ini misalnya, modifikasi dinding gipsum dilakukan tanpa mengubah letak alat pemadam kebakaran (sprinkler ) dan alat pendeteksi asap (smoke detector ).

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel