178 Jum'at, 01 November 2013 | 11:39:16

Pilihlah Kuas Berbulu Padat dan Tak Mudah Rontok

pilihlah-kuas-berbulu-padat-dan-tak-mudah-rontok

Jika berkunjung ke toko bangunan, dapat dijumpai aneka merek, harga, ukuran, dan kualitas kuas. Beberapa pengunjung mungkin sedikit bertanya-tanya soal bagaimana memilih kuas yang sesuai kebutuhan pengecatan. Sebetulnya untuk memilih kuas yang sesuai kebutuhan itu tak sulit.

Yang pertama tentu pertimbangkan jenis dan ukuran permukaan yang akan dicat menggunakan kuas. Dinding yang luas hendaklah dicat menggunakan kuas berukuran besar. Misalnya kuas yang memiliki ukuran 6-8 inci. Tujuannya agar proses pengecatan lebih cepat selesai, dan tangan tak cepat lelah. Kuas dengan ukuran lebih kecil, boleh saja dipergunakan untuk mengecat dinding yang luas. Namun tentu prosesnya akan lebih lama, dan energi yang dikeluarkan pun lebih banyak.

Kuas dengan ukuran kecil (misalnya 2-4 inci) lebih cocok dipergunakan untuk mengecat bidang permukaan yang sempit. Misalnya bidang pada sudut dinding, atau bidang sudut kusen dan pagar. Menggunakan kuas dengan ukuran kecil, hasil pengecatan pada area yang sempit itu dapat lebih rapi.

Selain soal ukuran, ketika membeli kuas, pertimbangkan juga soal kualitas, terlebih soal kualitas bulu kuas. Biasanya, semakin baik kualitas kuas, harga pun semakin mahal. Berapapun harga yang dipilih sebetulnya terpulang kembali pada daya beli konsumen. Yang penting dalam memilih kualitas adalah pastikan bulu kuas itu tak mudah rontok atau patah.

Bulu kuas rata-rata terbuat dari polyester, material sintetis yang boleh dikata tepat sebagai bahan dasar bulu kuas. Polyester lentur dan tak mudah patah, sehingga usia pakai kuas pun bisa tahan lebih lama.

Bulu-bulu polyester melekat pada sebuah dudukan yang menghubungkan bulu dengan gagang kuas. Tingkat kekuatan dudukan ini juga penting dipertimbangkan. Dudukan yang ringkih memudahkan bulu-bulu polyester rontok dan dapat mengganggu proses pengecatan berikut hasilnya. Karenanya, ketika memilih, pastikan bulu-bulu polyester ini tak mudah rontok. Caranya?

Ketika membeli, cobalah tarik-ratik bagian ujung bulu kuas dan dudukannya. Tak usah terlalu keras mencabutnya. Jika tak ada satu pun bulu kuas yang ikut tercabut, dan dudukannya tidak goyang, maka kemungkinan besar bulu kuas itu cukup kuat dan tak mudah rontok saat proses pengecatan. Dudukan pun tak mudah lepas karena terikat kuat pada gagang kuas.

Selain itu perhatikan juga jumlah bulu kuasnya. Beberapa kuas berharga murah biasanya memiliki bulu yang kopong pada bagian dalam. Jadi, amati pula bagian tengah bulu kuas. Pilihlah kuas yang memiliki bulu padat, pada bagian luar dan tengahnya. Dengan demikian, proses pengecatan bisa berlangsung lebih sempurna dan menyenangkan.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel