56 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 03:40:24

Bay Window, Jendela Multifungsi

bay-window-jendela-multifungsi

Jendela adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah. Elemen arsitektur yang satu ini memiliki fungsi penting sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya alami. Jendela juga menjadi mata bagi sebuah rumah. Dari jendela, kita bisa melihat suasana di luar rumah. Model dan ukuran jendela banyak ragamnya. Salah satu bentuk jendela yang unik adalah bay window. Tidak seperti jendela datar pada umumnya, bay window menciptakan ruang tiga dimensi. Sehinga dari luar terlihat menjorok, dan dari dalam terlihat memiliki ceruk.

Bentuknya bisa kotak persegi, setengah lingkaran, setengah segi enam, maupun setengah segi delapan. Bentuk- bentuk tersebut membuat pandangan ke luar rumah menjadi lebih terbuka dengan lingkup pandang yang lebih luas dan optimal. Itulah yang membuat bay window digemari sebagai sudut untuk bersantai. Kelebihan lain jendela ini adalah mampu memberi kesan lebih luas pada ruangan.

Desain bay window banyak dipakai di rumah atau villa di tepi pantai untuk menikmati pemandangan pantai (bay) dengan lebih leluasa tanpa terhalang frame jendela. Oleh karena itu disebut bay window.

Jendela semacam ini juga umum digunakan pada gaya arsitektur Victorian yang populer pada tahun 1870-an di Eropa dan Amerika. Di masa itu, pemilik rumah sangat senang duduk-duduk di bay window menikmati pemandangan sore hari. Dari jendela ini, mereka lebih leluasa memandang taman-taman cantiknya yang penuh bunga.

Anda memiliki bay window di rumah? Banyak hal bisa dilakukan untuk mengolahnya. Sudut ini bisa juga menjadi meja pajang untuk meletakkan berbagai pernik. Anda bisa menaruh pigura foto, koleksi pernik, atau pot bunga.

Kita juga bisa menjadikannya sebagai sudut baca yang nyaman lengkap dengan bantal-bantal mungil yang empuk. Atau memanfaatkannya sebagai sudut untuk menikmati secangkir teh atau kopi di sore hari sambil melihat pemandangan di luar.

Jika ukuran bay window cukup besar, kita bisa menjadikannya sebagai ruang makan. Pada bagian lengkung jendela dibuat kursi menempel dengan dudukan empuk. Letakkan sebuah meja yang tidak terlalu besar. Lalu tambahkan dua kursi makan dengan desain yang simpel dan ringan sehingga sudut ini tidak terlihat terlalu sesak. Desain ruang makan yang unik ini sangat pas untuk menjamu tamu yang datang.


Tips:
- Bentuk bay window yang sedikit rumit membutuhkan perawatan yang lebih cermat. Bentuknya yang lebih menjorok memungkinkan debu dan kotoran lebih banyak menempel. Jaga kebersihannya secara rutin.

- Perhatikan bahan pajangan yang diletakkan di bay window. Bahan-bahan tertentu mudah pudar jika terlalu lama terpapar sinar matahari.

- Jika menjadikan bay window sebagai tempat memajang pot bunga, beri alas agar kotoran dari tanah tidak menempel langsung ke bagian bawah jendela.

- Untuk menghindari sinar matahari langsung, beri tirai pada jendela. Tirai ini sekaligus jadi ornamen dekoratif yang manis.

Sumber : Vivanews

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel