61 Rabu, 16 Oktober 2013 | 03:25:27

Warna Bangkitkan Mood Interior

warna-bangkitkan-mood-interior

Aplikasi warna memiliki efek psikologis yang kuat. Ketahui efek warna pada suasana ruang.Kemampuan warna mempengaruhi mood dan atau suasana hati sudah diketahui sejak manusia memahami warna. Efek warna secara psikologis bisa berpengaruh pada pikiran, emosi, dan keseimbangan mental.Pilihan warna adalah otoritas masing-masing pribadi. Namun, penerapan warna yang salah pada interior bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni. Warna juga bisa memberi kesan ruangan lebih luas dan sebaliknya.


Sebelum memilih warna untuk memperindah interior, sebaiknya Anda sesuaikan dengan dimensi ruangan dan furnitur pengisinya.

Ingin tahu efek warna favorit Anda pada interior?

• Putih
Warna ini langsung menghadirkan kesan modern, bersih, rapi, simpel, jujur, dan sederhana. Putih juga memberi efek lebih terang dan meluaskan ruangan. Tapi penggunaan warna putih secara berlebihan justru akan membuat ruangan terkesan monoton dan membosankan.
• Merah
Kesan utama warna merah adalah semangat membara, agresivitas, keberanian, dan  percaya diri. Warna ini baik untuk membangkitkan semangat, oleh karena itu sering diaplikasikan di tempat-tempat hiburan misalnya kafe.

Namun warna ini juga punya efek negatif. Warna merah yang dominan memberi kesan berat dan gelap. Warnanya yang menyolok membuat mata cepat lelah. Sebaiknya warna merah tidak diterapkan di ruang tidur karena bisa menimbulkan sifat kurang sabar, lekas marah, dan tekanan emosional.

• Kuning
Keceriaan hadir bersama warna kuning. Warna ini membawa rasa optimistis, ramah, dan kreativitas. Kuning juga berhubungan dengan kemampuan intelektual dan ekspresi pikiran.

Penggunaan warna ini bisa meningkatkan ide-ide kreatif, kemampuan mengingat, dan mengorganisasi sesuatu dengan lebih baik. Warna kuning bisa diterapkan di ruang tidur atau ruang belajar anak. Pilih kuning yang lembut dan tidak terlalu gelap.

• Hijau
Hijau adalah lambang kehidupan. Mengingkatkan pada hijau segarnya alam dan keseimbangan lingkungan. Warna ini memberi kesan sejuk, nyaman, dan damai. Hijau juga melambangkan keseimbangan emosi. Bisa memberi efek meringankan beban mental, meredakan emosi dan stress, serta trauma psikologis.

• Biru
Luasnya lautan dan langit tercermin pada warna ini. Biru melambangkan kesabaran, wibawa, kebijaksanaan, konsistensi, dan kejernihan pikiran. Warna ini juga memberikan perasaan dingin, ringan, tenang, dan damai. Bisa diterapkan di kamar tidur atau kamar mandi. Namun jangan terapkan warna ini di ruang kerja atau ruang belajar anak karena bisa menimbulkan rasa ngantuk.

• Ungu
Warna ini menghadirkan kesan mewah dan agung. Aura spiritualnya sangat kental. Ungu bisa membawa suasana tenang dan damai. Biasa dipakai untuk membantu proses meditasi atau kontemplasi. Tapi warna ungu yang terlalu berlebihan akan menimbulkan tekanan emosional. Terapkan warna ungu lembut di ruang tidur agar istirahat lebih tenang dan nyaman.
 
• Hitam
Karakter warna hitam adalah elegan, agung, dan kuat. Tapi warna hitam juga identik dengan suasana suram, hampa, misteriurs, kesedihan, dan kematian. Hitam menyerap cahaya, sehingga kesan ruangan semakin gelap dan suram. Sebaiknya warna hitam tidak dipakai sebagai warna dominan ruangan, tapi cukup sebagai aksentuasi saja.
Sumber : Viva news

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel