21 Selasa, 08 Oktober 2013 | 05:29:23

Jangan Buang Duit, Tunda Renovasi Rumah Anda!

jangan-buang-duit-tunda-renovasi-rumah-anda

Untuk menyambut Hari Raya, umumnya penduduk Indonesia menghabiskan bonus dan penghasilannya untuk memperbaiki dan mempercantik rumah. Selain membeli berbagai perabotan baru, ada pula sebagian orang yang melakukan persiapan lebih ekstrem dengan merenovasi rumah. Anda juga termasuk di dalamnya?

Sayangnya, renovasi rumah tidak dapat dilakukan dalam semalam atau dua malam. Perlu dua hingga tiga bulan agar rumah jadi lebih sempurna. Jadi, merenovasi rumah saat ini tampaknya bukan keputusan tepat. Justru, ada baiknya Anda menunda keputusan tersebut dan mempersiapkannya dengan lebih rinci.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dengan jeli sebelum mulai merenovasi rumah. Hal-hal ini biasanya menjadi faktor penunda pengerjaan lantaran adanya keterlambatan pengiriman, salah model barang yang dikirim, atau jenis barang tidak sesuai dengan karakter bangunan.

Jangka waktu

Perhatikan jangka waktu pembuatan jendela dan pintu. Jendela dan pintu memiliki berbagai jenis material, bentuk, dan warna yang bisa Anda pilih. Pilihan-pilihan ini juga akan berefek pada lamanya pengerjaan. Pasalnya, jangka waktu pemesanan rangka jendela akan bervariasi tergantung pada material jendela.

Selain itu, lamanya pesanan pun akan berbeda sesuai dengan kerumitannya. Masalahnya, jendela dan pintu merupakan salah satu unsur utama pembuatan atau renovasi rumah. Jika kontraktor belum memasang jendela dan pintu, tentu mereka enggan memasang berbagai fitur interior di rumah Anda. Maka dari itu, keterlambatan pemilihan dan pengiriman jendela atau pintu akan sangat berpengaruh pada lama pengerjaan rumah Anda.

Solusi menghadapi hal ini adalah memilih jenis bentuk dan material jendela serta pintu Anda di awal proses. Bila perlu, lakukan pemesanan dua hingga tiga minggu sebelum datang waktunya bagi kontraktor Anda untuk memasang jendela.

Pemilihan material

Sebelum mulai pengerjaan, pertama-tama pilih dahulu jenis lantai Anda. Pemilihan awal ini akan memudahkan Anda.

Alasan pertama, ada waktu yang dibutuhkan oleh pemasok ubin atau lantai kayu hingga lantai tersebut sampai ke rumah Anda. Kedua, kontraktor Anda membutuhkan penyesuaian pada permukaan lantai rumah Anda sebelum ditutupi oleh ubin atau lantai kayu.

Dengan mengetahui secara pasti jenis lantai, mereka dapat menyesuaikan pengerjaan. Waktu pun tidak akan jadi masalah.

Perhatikan juga jangka waktu pembuatan lemari dapur dan fitur lain yang menempel di dinding Anda, misalnya rak buku, atau build-in closet. Tidak jauh berbeda dengan jendela dan pintu, lemari dapur (sering juga disebut dengan kitchen cabinet) memiliki banyak jenis yang bisa Anda pilih.

Solusi bagi Anda ketika memilih lemari dapur adalah mengetahui secara rinci bentuk, material, fitur, serta lamanya pengerjaan dan pengiriman ke rumah Anda. Ketahui juga kapan Anda akan memasang lemari-lemari tersebut. Bila perlu, percepat satu minggu pemesanan lemari dapur agar barang tersebut tiba di rumah Anda tepat waktu.

Sistem berjalan

Pilih peralatan mandi dengan saksama, serta pastikan sistem air di rumah berjalan dengan baik. Pasalnya, sebagus atau secanggih apa pun keran, bak mandi, shower, ataupun bathtub Anda, kamar mandi Anda tetap tidak dapat digunakan tanpa adanya sistem air yang berfungsi dengan baik.

Namun, hindari juga menunggu sampai kamar mandi Anda rampung untuk membeli peralatan kamar mandi. Jika Anda menggunakan "sistem kebut semalam" dalam mencari keran-keran, biasanya Anda justru tidak akan menemukan apa yang Anda cari.

Tidak hanya estetika

Jangan pilih ubin hanya karena alasan estetika. Pastikan jenis ubin Anda cocok untuk ruangan tersebut. Selain itu, hindari hanya melihat jenis ubin dari katalog. Pastikan Anda sudah melihat sendiri bagaimana warna, corak, ataupun kontur ubin tersebut. Mintalah sampel pada pemasok ubin Anda untuk memastikan ubin yang dikirim ke rumah Anda cocok dengan keinginan Anda.

Selamat merenovasi rumah!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel