119 Jum'at, 04 Oktober 2013 | 03:30:11

Posisi Jendela yang Bikin Cantik Dapur Anda

posisi-jendela-yang-bikin-cantik-dapur-anda

Dapur hanya dipandang dari fungsinya sebagai tempat untuk menyiapkan makanan. Karena itu, dekorasi dapur pun terbatas. Padahal, jika Anda menghabiskan banyak waktu di dapur, tidak ada salahnya mempertimbangkan estetika di ruangan tersebut.

Berikut ini beberapa ragam pendempatan jendela dapur yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Meski tampak sederhana, menempatkan jendela dapur di posisi yang tepat mampu menambah cantik dapur Anda!

Jendela dapur di atas sink

Dinding yang ada di atas sink bisa menjadi lokasi klasik untuk menaruh jendela dapur. Meski sudah biasa, namun efeknya tetap istimewa. Terlebih, jika jendela ini mengarah pada pemandangan luar rumah yang Indah. Tentu saja, menikmati pemandangan sembari mengerjakan pekerjaan rumah mampu mengurangi tingkat stres Anda.

Menggantikan upper cabinetry

Selain menempatkan jendela di satu titik, yaitu di atas sink dapur, Anda juga bisa menggunakan jendela sebagai pengganti upper cabinetry. Ketersediaan ruang penyimpanan di dapur untuk menyimpan persediaan makanan dan peralatan memasak memang menjadi salah satu perhatian pemilik rumah. Maka, jika berpikir ingin mengurangi lemari dapur atau kitchen cabinet dan menggantikannya dengan jendela dapat mengurangi ruang penyimpanan, sebaiknya Anda mencontoh cara ini.

Alih-alih menggunakan upper cabinetry atau lemari dapur yang ditaruh di dinding bagian atas dapur, Anda bisa membuat lemari berukuran besar di sisi lain dapur. Cobalah membuat lemari dapur floor-to-ceiling.

Namun, jika enggan menyingkirkan lemari dapur, Anda juga bisa menempatkan jendela di sepanjang dapur atau di salah satu bagian dapur. Tepatnya, di dinding antara permukaan meja dapur (kitchen counter) dan lemari dapur bagian atas (upper kitchen cabinet) Anda. Dalam hal ini, jendela memiliki fungsi ganda sebagai backsplash.

Mengelilingi dapur

Namun, bila dapur Anda berada di salah satu sudut rumah dan Anda tidak berada di perumahan padat penduduk, cobalah membuat jendela yang mengelilingi dapur. Jendela semacam ini bisa menambah jumlah sinar matahari yang masuk ke dapur Anda. Hanya saja, hal ini mampu "menggusur" kitchen cabinet dan ruang penyimpanan di dapur. Maka itu, manfaatkan laci-laci yang ada pada meja dapur dan island Anda.

Di pojok dapur

Selain mengelilingi dapur, Anda juga bisa menempatkan jendela di pojok dapur. Cara ini mampu menghindari Anda dari pemasangan kitchen cabinet di pojok dapur yang relatif sulit dijangkau.

Cari arah matahari

Terakhir, pastikan lokasi jendela dapur kamar Anda mempertimbangkan arah sinar matahari. Jika Anda memasang jendela menghadap ke arah timur, Anda bisa mendapatkan sinar matahari hangat setiap pagi. Ketika Anda mempersiapkan makan malam, Anda tidak akan terkena silaunya matahari sore.

Sementara itu, jendela yang menghadap ke utara jauh lebih sedikit memasukkan sinar matahari ke dalam dapur. Sebaliknya, jendela yang menghadap ke selatan mampu memasukkan sinar matahari secara optimal sepanjang hari. Hanya saja, dapur Anda dapat terasa sedikit panas.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan kaca film untuk mengatasi masalah ini. Arah hadap yang hanya sedikit memberikan keuntungan adalah arah barat. Jika Anda memiliki jendela yang menghadap ke barat, Anda akan sulit mendapatkan sinar matahari pagi, sementara sinar matahari sore dapat sangat mengganggu.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel