64 Kamis, 31 Oktober 2013 | 10:02:54

Kenali Jenis Genting Sebelum Membangun Rumah

kenali-jenis-genting-sebelum-membangun-rumah

Atap hunian di Indonesia umumnya berasal dari genting tanah liat. Namun, tahukah Anda ternyata ada berbagai macam jenis atap yang dijual di pasaran?

Yang pertama yaitu genting metal. Genting metal memiliki beberapa kelebihan, yaitu harganya murah, ringan, anti pecah, pemasangannya mudah.

"Namun ada satu kekurangan dari genting metal ini. Yaitu cepat panas," kata Sales Konsultan Mitra 10 Fatmawati, Atip Abdullah.

Yang kedua yaitu genting keramik. Genteng keramik ini adalah genteng yang biasa digunakan pada rumah kebanyakan. Genting keramik memiliki kelebihan seperti, memiliki estetika yang bagus. Daya tahannya yang relatif lama. Yaitu sekitar 15-20 tahun.

Genting keramik memang lebih mahal dibanding genting metal. Per meter perseginya sekitar Rp80 ribu-Rp90 ribu. Perawatannya juga sangat simpel, yang penting saat pemasangan, kemiringannya tepat, dan dapat dibersihkan dari bawah.

"Sampah-sampah seperti dedaunan dan ranting juga tak gampang mengotori atap jenis ini karena dengan sendirinya tersapu angin," imbuhnya.

Yang ketiga yaitu genting beton tipis. Model genting ini paling banyak digunakan untuk rumah-rumah minimalis. Namun genting beton tipis memiliki beberapa kekurangan. Genting ini akan gampang pecah jika penanganannya tidak tepat. Yang menjadi kelebihan dari genting beton tipis ini adalah harganya yang relatif murah.

"Per pieces-nya Rp6.000-7.000. Normalnya sebuah rumah berlantai dua membutuhkan 14 hingga 15 pieces per meter genting beton tipis," ujarnya.

Yang keempat yaitu genting aspal. Genting aspal ini lebih keras, karena dipasang di atas lapisan yang keras seperti triplek. Genting jenis ini paling kuat dibanding yang lainnya. Semakin kuat landasannya, genting aspal ini akan semakin kuat pula. Perawatannya memang harus sering dibersihkan.

Karena memang permukaannya yang tidak mulus, dan biasanya banyak kotoran. Karena daya tahannya yang kuat, harga genting aspal ini relatif mahal. Sekira Rp190 ribu per meter perseginya.

Namun pada penggunaannya genting aspal ini jarang digunakan untuk rumah pada umumnya. Biasanya genting ini digunakan untuk rumah yang high end, rumah-rumah yang klasik yang bergaya Eropa dan Amerika. Selain itu, genting aspal ini juga banyak digunakan pada gazebo dan ruko-ruko. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel