76 Rabu, 30 Oktober 2013 | 05:01:23

Pilih Kulkas yang Pas

pilih-kulkas-yang-pas

Refrigerator atau kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang masa pakainya lama. Oleh karena itu, sebelum membeli kulkas, perhatikan berbagai aspek dan fitur yang disematkan ke dalamnya. Dengan begitu, selain fitur dan kapasitasnya sesuai kebutuhan, usia pakainya pun bisa bertahan (awet). Berikut tipsnya:

Siapkan Ruang
Pertimbangan pertama sebelum membeli kulkas adalah di mana Anda akan meletakkan kulkas tersebut. Biasanya, sih, lokasinya di dapur. Beda jenis dan tipe kulkas tentu beda pula ruang yang dibutuhkan. Kulkas dengan kapasitas yang sama pun belum tentu memiliki lebar dan tinggi yang sama, lho.

Usahakan kulkas bisa pas diletakkan di tempatnya, sekaligus juga bisa menjadi pemanis ruangan. Sisakan sedikit ruang di sisi kiri kanan dan atas. Jangan lupa, ukur pintu masuk ke ruang dimana kulkas ditempatkan.

Beragam Tipe
Ada berbagai jenis kulkas, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Secara umum, jenis kulkas dibedakan antara kulkas freezer  (dengan ruang pembeku) dan non-freezer . Sementara kulkas tipe non-freezer , atau kerap juga disebut dengan All-Refrigerator model, tidak dilengkapi dengan freezer , namun unggul dalam hal kapasitas penyimpanan. Seluruh ruang di dalamnya benar-benar diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan/pendingin makanan (cold food storage ).

Ukur Kapasitas
Hitung kapasitas kulkas yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki keluarga besar dan terbiasa berbelanja bulanan misalnya, maka kulkas dengan kapasitas penyimpanan besarlah yang Anda butuhkan. Namun, jika Anda hanya memiliki sedikit anggota keluarga dan berbelanja seperlunya, kulkas dengan kapasitas besar tentu akan mubazir dan lebih banyak kosong daripada terisi.

Mudah Dibersihkan
Perhatikan pula warna dan material kulkas. Pilih kulkas yang warnanya senada (matching ) dengan warna atau tema dapur dimana kulkas akan ditempatkan. Warna cerah (putih misalnya) juga akan membuat kulkas terlihat lebih bersih. Untuk material, pilih bahan anti karat dan mudah dibersihkan, khususnya jika Anda masih memiliki anak kecil.

Pilih-Pilih Fitur
Salah satu fitur yang perlu adalah Frost-Free  (bebas bunga es). Fitur lain pada kulkas antara lain hemat energi, pembuat es batu dan dispenser, rak tambahan untuk menambah kapasitas, kompartemen quick cool , freezer , dan lainnya. Kulkas masa kini juga dilengkapi dengan display digital atau filter dispenser . Kulkas model terbaru juga diramaikan dengan fitur eco green  (ramah lingkungan). Sesuaikan fitur dengan kebutuhan Anda, karena sebagian fitur sebetulnya tidak benar-benar Anda butuhkan.

Sesuaikan Harga
Saking banyaknya merek dan model yang ditawarkan di pasaran, harga kulkas pun bervariasi, sesuai fitur yang ditawarkan, mulai harga di bawah Rp 3 juta sampai harga belasan juta rupiah. Sesuaikan dana dengan kebutuhan. Tak perlu membeli kulkas dua pintu berukuran besar hanya karena tertarik oleh penampilan dan fiturnya, sementara yang Anda butuhkan sebetulnya cukup kulkas satu pintu dengan freezer .

Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel