87 Senin, 28 Oktober 2013 | 02:00:31

Sudah Siap Memisahkan Kamar Mandi untuk Anak?

sudah-siap-memisahkan-kamar-mandi-untuk-anak

Berbeda dengan orang dewasa pada umumnya, anak-anak kecil membutuhkan beberapa hal istimewa pada kamar mandi mereka. Beberapa diantaranya meliputi penyesuaian tinggi wastafel, kenop pancuran, ukuran kloset, pencahayaan, serta warna-warni. Pastikan anak Anda tidak malas mandi, menggosok gigi, dan aman di kamar mandi dengan melakukan berbagai penyesuaian. Berikut ini inspirasi untuk Anda dalam mendekor kamar mandi anak Anda di rumah:

Pastikan keamanan kamar mandi anak
Pertama-tama, usahakan Anda dapat membuat kamar mandi khusus untuk anak Anda dengan perlengkapan yang berbeda. Memisahkan kamar mandi bukan hanya melatih anak Anda lebih mandiri, namun juga memastikan anak tidak mengakses barang-barang berbahaya seperti pisau cukur, gunting kuku, dan pinset.

Anda juga bisa memasang perlengkapan dengan ukuran dan ketinggian yang pas dengan ukuran tubuh anak Anda jika memiliki kamar mandi terpisah. Bila tidak memungkinkan memisahkannya, pastikan anak Anda tidak menggunakan kamar mandi tanpa pengawasan Anda, terlebih jika di dalam kamar mandi tersebut terdapat saluran air panas.

Perhatikan juga berbagai cairan pembersih, sabun, dan benda-benda tajam di dalam kamar mandi tersebut. Jangan biarkan anak Anda dengan mudah mengaksesnya. Jangan lupa, pasang karpet anti-licin dalam kamar mandi.

Mendekorlah dengan banyak warna
Umumnya, keran dan selang memiliki varian warna yang terbatas. Maka, untuk mengakali hal ini, Anda dapat mengecat dinding dengan warna-warna terang. Bagi anak yang sudah berusia remaja, ada baiknya Anda berkonsentrasi pada warna-warna pada benda yang lebih mudah diganti, seperti handuk dan keset.

Pikirkan masa depan
Memikirkan mengenai masa depan; mempersiapkan bagaimana anak Anda akan bertambah dewasa adalah mimpi buruk bagi sebagian besar orang tua. Namun, apa pun yang Anda lakukan, anak tetap akan tumbuh dewasa. Untuk itu, berikan ruang untuk mendekor dengan gaya yang lebih dewasa, sederhana, dan tidak memiliki terlalu banyak warna.  

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel