114 Selasa, 29 Oktober 2013 | 01:47:38

Menyatukan Dua Anak di Satu Kamar

menyatukan-dua-anak-di-satu-kamar

Sejak masih berusia sangat muda, Anda perlu mendidik anak-anak agar mampu tumbuh menjadi pribadi mandiri. Salah satu caranya adalah membiarkan mereka memiliki kamarnya sendiri yang terpisah dari kamar Anda. Namun, jika ruang di rumah Anda terbatas, Anda dapat menempatkan anak-anak dalam satu kamar. Jangan khawatir, ada cara-cara untuk menghemat ruang meskipun harus menggabungkan dua anak Anda dalam satu kamar.

Sebelum mendekorasi kamar kedua anak Anda, berikut ini beberapa hal mendasar ketika menyatukan anak-anak Anda dalam satu ruangan kamar. Meskipun akan menemui hambatan atau masalah kecil dalam prosesnya, Anda tidak perlu berhenti:

Aman
Aturan pertama adalah memastikan kamar bagi kedua anak Anda tersebut aman, baik itu bagi anak kecil maupun yang masih bayi. Pasang baby monitor agar Anda dapat mengecek apa yang terjadi di kamar tersebut.

Selain itu, cek bahan mainan, dekorasi dan mainan gantung, pembatas tempat tidur bayi, serta pintu dan jendela. Jangan sampai anak-anak dapat membukanya dengan mudah atau terjepit ketika membuka jendela dan pintu.

Selain itu, Anda dapat memasang kelambu untuk menghindari anak-anak Anda dari nyamuk atau serangga dan mengurangi penggunaan anti nyamuk dari bahan kimia.

Cerah dan ceria
Setelah memastikan kamar anak-anak Anda aman, buatlah kamar yang cerah, ceria, dan menyenangkan. Berikan furnitur sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda.

Selain itu, manjakan indera sentuhnya dengan memasang berbagai tekstur, seperti karpet bulu lembut, kursi berbahan tenun, dan bedcover tebal.

Berbeda dari mendekor kamar untuk satu anak, mendekor untuk dua anak atau lebih akan lebih rumit jika Anda ingin memuaskan semua keinginan anak Anda. Berikut ini tips dan inspirasi untuk mendekor kamar bagi anak-anak Anda:

Serupa tapi tak sama
Anda bisa membiarkan pola simetris dengan sedikit detail berbeda. Jika kedua anak Anda memiliki jenis kelamin sama, Anda dapat mendekor kamarnya dengan gaya serupa tapi tak sama dengan memberikan nuansa warna, motif, dan ornamen yang sama atau saling melengkapi. Namun, berikan sedikit detail berbeda. Misalnya, berikan inisial nama mereka di bantal atau lukiskan nama mereka di dinding.

Membagi lemari
Bagilah lemari pakaian mereka menjadi dua. Setiap anak memiliki bagiannya masing-masing. Suatu saat, kedua anak Anda dapat belajar bertanggung jawab atas pakaian mereka masing-masing.

Penyimpanan ekstra
Jangan lupa, pisahkan kamar dengan menempatkan tempat penyimpanan ekstra. Anda dapat menempatkan divider di antara tempat tidur anak-anak Anda. Pemisah ini memberikan privasi di antara anak-anak Anda, namun mereka tetap dapat saling berkomunikasi. Selain itu, mereka juga mendapatkan tempat penyimpanan ekstra untuk mainan dan barang-barang pribadi mereka.

Level berbeda
Ruang terbatas? Anda bisa memberikan level dan biarkan salah satu anak Anda tidur di bagian atas. Bunk bed atau tempat tidur susun dapat menghemat banyak tempat.

Selain itu, tanpa adanya sekat, anak Anda juga tetap dapat mendapatkan privasi antara satu dengan yang lainnya. Mereka memiliki area masing-masing dan mereka akan belajar bertanggung jawab terhadap barang dan area mereka.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel