77 Selasa, 29 Oktober 2013 | 11:46:07

Libatkan Anak dalam Mendekorasi Kamar Mereka

libatkan-anak-dalam-mendekorasi-kamar-mereka

Meski tampak sederhana, kegiatan bermain ternyata memegang peranan penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Dalam kegiatan bermain, sang anak bisa belajar mengenai peran seseorang, hubungan antarmanusia, serta berbagai konsep lainnya. Jadi, penting memberikan ruang bermain dan kamar yang nyaman bagi mereka.

Berikut ini beberapa inspirasi untuk membuat ruang bermain ideal tersebut.
 
Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah menyediakan ruang yang cukup untuk bermain. Pastikan tersedia ruang terbuka yang cukup agar anak-anak bisa "menggelar" mainanannya di tempat tersebut. Sediakan juga tempat penyimpanan yang bisa mereka jangkau. Gunanya agar Anda dapat mendidik mereka membenahi barang-barangnya sendiri.
 
Selain menyediakan ruang, buatlah pojok bermain untuk mereka. Pastikan mendekor ruang sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, ruang bermain untuk belajar dan bermain, lengkap dengan buku, mainan, balok, meja, dan kursi. Sementara itu, buat kamar tidur yang sangat nyaman dan membuat anak bisa beristirahat dengan sempurna di malam hari. Bila perlu, bagi kembali ruang bermain sesuai permainannya. Misalnya, ada pojok untuk bermain boneka dan mengenakan pakaiannya, ada pojok untuk bermain lego, dan pojok mewarnai.
 
Ketiga, jangan lupa memasok barang-barang yang memang anak butuhkan ketika bermain dan belajar. Sediakan alat tulis, lilin permainan, dan berbagai keperluan lainnya. Selain itu, pastikan barang-barang yang Anda beli, aman untuk digunakan. Jangan abaikan kenyataan bahwa anak-anak suka memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya.
 
Dalam memasok peralatan maupun mainan anak, pastikan Anda memilih yang menuntut sang anak menyelesaikan masalah dan menemukan solusi baru. Mainan teka-teki, puzzle edukatif kini mudah didapatkan dan tidak lagi berharga mahal. Selain itu, pilih juga mainan yang memaksimalkan indera perasa mereka. Gabungkan antara puzzle plastik dan karpet lembut sehalus bulu angsa. Sediakan pula alunan musik, alat musik, dan pencahayaan dinamis.
 
Terakhir, sediakan berbagai bentuk untuk merangsang kemampuan visual mereka dan kemampuan memahami rangsangan visual tersebut. Anda bisa membuat rumah-rumahan, namun dengan pintu berbentuk lingkaran besar dan jendela berbentuk lingkaran kecil. Anda juga bisa menyediakan lampu tidur dengan bentuk bintang.

Bersenang-senanglah dalam mendekor ruang bermain dan kamar tidur anak Anda. Ketahui dasar-dasar yang mereka perlukan dan ajak mereka memilih varian bentuk, warna, serta tekstur kesukaan mereka.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel