2 Kamis, 24 Oktober 2013 | 04:48:57

Catat... Beberapa Kesalahan Pemula Mendesain Interior Rumahnya Sendiri!

catat-beberapa-kesalahan-pemula-mendesain-interior-rumahnya-sendiri

Mendesain interior rumah tidak hanya membutuhkan selera bagus. Butuh waktu cukup untuk secara terus-menerus mengasah kemampuan dan melatih kepekaan. Bagi Anda yang mulai suka mendesain interior, terutama interior rumah Anda sendiri, kontributor Apartment Therapy Jennifer Hunter memberikan daftar beberapa kesalahan umum para desainer pemula. Anda beruntung, pasalnya orang lain harus melalui proses percobaan dan gagal (trial and error) sebelum mampu menyimpulkan hal tersebut.

Kesalahan pertama adalah jatuh cinta pada gambar katalog dan berusaha membuat rumah Anda persis seperti gambar tersebut. Hal ini hanya membuat rumah Anda tampak umum, biasa saja dan datar.

Ya, Anda sama saja seperti Anda "memindahkan" pengaturan toko ke dalam rumah Anda. Padahal, rumah butuh karakter pemiliknya. Untuk itu, jangan terpaku pada satu pemasok barang interior, melainkan mencampur beberapa jenis furnitur di dalam rumah Anda.

Kedua, menempatkan furnitur dalam posisi yang membuat penggunanya sulit berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Menaruh sofa di sudut ruangan mungkin tampak cantik. Namun, komunikasi dapat lebih lancar dan menyenangkan jika Anda menempatkan sofa di tengah ruangan.

Kesalahan ketiga adalah menempatkan hanya satu sumber cahaya di dalam ruangan, misalnya di atas kepala. Sebaiknya, Anda menyediakan setidaknya tiga sumber pencahayaan di dalam ruangan mana pun.

Ya, ada baiknya Anda jangan hanya menyediakan satu pencahayaan, seperti yang ada di kebanyakan rumah di Indonesia. Berikan keragaman ketinggian dan kekuatan pencahayaan. Hal ini tidak perlu mahal. Lampu murah sekali pun bisa membuat ruangan Anda terasa mahal.

Keempat, Anda menaruh karya seni (atau foto) dengan tidak tepat. Gantung lukisan dan foto setara dengan ketinggian mata. Dengan cara ini, Anda dan tamu Anda tidak perlu mendongak untuk melihatnya.

Kesalahan kelima adalah menyingkirkan keinginan Anda sendiri. Jika selama ini teman atau kerabat Anda memaksa Anda membeli berbagai furnitur yang tidak Anda suka atau terasa tidak tepat namun murah harganya, sebaiknya tidak perlu lagi Anda pakai.

Mulai sekarang, jangan terpaku pada kesalahan. Perbaiki kesalahan Anda dan masukkan barang-barang yang benar-benar dapat "bekerja" untuk rumah Anda. Terpaku pada barang-barang yang "salah" hanya menghabiskan energi Anda, sementara hasilnya sia-sia.

Nah, selamat berkarya!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel