56 Kamis, 24 Oktober 2013 | 10:42:29

Pembagian Zona di Rumah Shifted Box

pembagian-zona-di-rumah-shifted-box

Rumah terbagi atas zona publik dan servis, semiprivat dan privat. Zona publik dan servis diisi dengan garasi, dapur, kamar pembantu, area cuci dan jemur, serta kantor. Zona semiprivat diisi dengan ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Sementara zona privat diisi kamar tidur dan kamar mandi pribadi.

Karena bentuk lahannya memanjang sekitar 6m x 20m dengan frontage  6m x 6m, hunian didesain memanjang ke atas. Penempatan ruang pun disusun berdasarkan aksesibilitas dan hierarki ruang. Beberapa ruangan digeser secara horizontal ke depan dan ke belakang. Area servis menjorok sekitar 2m ke dalam bangunan, agar tidak tampak langsung dari depan.

Ruang tamu ini misalnya, berada di lantai dua dan memiliki ukuran sekitar 5m x 4m. Letaknya bersebelahan dengan teras depan yang dipisahkan oleh pintu geser kaca. Teras dilindungi secondary skin  berupa kisi-kisi untuk menahan sinar matahari dan memberi privasi. Perabotnya juga minim, sehingga ruangan terasa lapang.

Sementara ruang tamu ini, berada di belakang ruang tamu. Ruangan dipisahkan sekat berupa rak buku yang memiliki dua sisi wajah. Di belakang rak, ditempatkan credenza panjang sebagai meja TV. Sofa tiga dudukan dan satu side table menjadi pengisi ruangan yang nyaman.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel