53 Kamis, 24 Oktober 2013 | 09:59:02

Lebih Sip dengan Lantai Ramah Lingkungan

lebih-sip-dengan-lantai-ramah-lingkungan

Gaya hidup ramah lingkungan kini sudah masuk dalam kehidupan berkeluarga. Selain mulai memilah-pilah dan mendaur ulang sampah, gaya hidup ramah lingkungan juga dapat tercermin dalam pemilihan material bangunan rumah.

Mengenal bahan ramah lingkungan
Salah satu elemen rumah yang dapat dialihkan ke bahan-bahan ramah lingkungan adalah lantai. Sayangnya, klaim produk-produk ramah lingkungan yang ditawarkan tidak semuanya benar-benar ramah lingkungan. Produk ramah lingkungan seharusnya bersifat bio degradable atau dapat didaur ulang, dan tentunya tidak berbahaya bagi penghuni rumah.

Lantai-lantai ramah lingkungan
Beberapa jenis lantai dapat digolongkan sebagai lantai ramah lingkungan. Salah satunya adalah lantai hardwood. Lantai jenis ini digolongkan sebagai lantai ramah lingkungan, terutama jika menggunakan kayu yang telah mengalami proses regenerasi. Selain ramah lingkungan, lantai hardwood juga memberikan kesan elegan pada rumah Anda.

Cork atau gabus yang menjadi penutup botol juga merupakan lantai ramah lingkungan. Memang, kayu "empuk" jarang sekali menjadi pilihan material lantai. Namun, cork merupakan pilihan yang baik karena banyak alasan.

Memiliki sifat elastisitas natural membuat lantai jenis ini nyaman digunakan. Ia juga mampu menjadi insulasi termal dan akustik. Kelebihan lainnya, cork tidak mudah rusak karena mebel dan high heels.

Cork juga tergolong hypo-allergenic sehingga tidak menyerap debu. Ia juga tahan api, dan bahkan mampu "mengusir" serangga.

Bambu juga dapat menjadi pilihan
Bambu 13 % lebih keras dibanding kayu maple, dan 27 % lebih keras daripada oak merah. Tak heran, bambu bertahan lebih lama dan tahan air, jamur, serta serangga.

Ubin dan linoleum dapat menjadi alternatif
Beragam warna ubin membuatnya menjadi pilihan menarik. Linoleum natural sama seperti gabus, yaitu berbahan hypo-allergenic. Pilihan lain bagi Anda adalah lantai batu. Lantai ini relatif murah dan mudah dibersihkan.

Nah, sudah ingin punya lantai ramah lingkungan?

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel