498 Selasa, 22 Oktober 2013 | 02:52:00

Pergola

pergola

Pergola merupakan salah satu elemen pelengkap arsitektur taman yang berasal dari Eropa dan biasanya digunakan sebagai media rambat tanaman anggur. Namun sekarang fungsi tersebut sudah banyak berkembang untuk berbagai kebutuhan, bukan sebatas sebagai media rambat tanaman anggur saja. Pergola kini sudah banyak ditemukan di bangunan modern.

Fungsi
Fungsi pergola yang biasanya sebagai media tanaman rambat dan sebagai peneduh, namun sekarang lebih berfungsi untuk memberikan bayangan peneduh dan menambah estetika di area rumah atau bangunan. Dapat juga dipakai untuk beristirahat menikmati suasana taman di siang hari dan malam hari. Di siang hari pergola yang menggunakan tanaman rambat untuk menutupi atapnya dapat digunakan sebagai pelindung dari terik matahari sehingga dapat mengurangi panas. Tujuan utamanya memang untuk meneduhkan area berjalan atau area duduk outdoor. Pergola seringkali merupakan pelindung dari panas matahari namun tidak dari hujan, karena tidak memiliki penutup atap.

Desain
Desain pergola yang lebih digemari adalah bermaterial dari kayu yang biasanya disesuaikan dengan kayu-kayu kusen pintu serta jendela rumah. Desainnya tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar atau selang seling berbentuk datar. Pergola sebagai elemen tambahan di area taman biasanya didesain berhubungan dengan ruang luar seperti perpanjangan teras depan, samping dan belakang rumah. Namun ada juga pergola yang memang dibangun berdiri sendiri sebagai pelengkap ditengah taman sebagai tempat beristirahat dan area duduk diluar. Ada juga desain pergola yang tidak menggunakan struktur yang dibuat dari kayu, melainkan terbuat dari logam atau beton. Namun tetap desain pergola yang berfungsi sebagai tempat merambatnya tanaman rambat, sehingga atap tidak tertutupi dengan bahan terpal, kain atau plastik polimer seperti halnya kanopi atau gazebo. Pergola sangat sesuai digunakan di iklim Indonesia yang tropis dengan musim kemaraunya yang panas. Maka akan sangat menyenangkan jika mempunyai pergola sebagai bagian dari rumah. Pergola dapat melengkapi rumah dengan elemen estetis yang memperkuat kesan rumah tropis yang sejuk dan rindang.

Letak
Pergola adalah bagian pelengkap taman yang dapat diletakkan di semua bagian taman rumah. Perletakan dapat di area depan, samping, atau di belakang halaman rumah. Pergola juga dapat diletakkan di lantai atas sebagai perpanjangan teras atau balkon untuk tempat duduk-duduk di dak atas. Pergola memang bukan bagian terpenting dari rumah, tapi dapat digunakan sebagai bagian tambahan yang dapat menambah estetika dan kekayaan suasana ruang di sekitar rumah. Pergola akan memberikan kesan alami sebab material yang biasanya berupa dari kayu, walaupun ada yang terbuat dari logam atau beton, pergola tetap memberikan kesan alami dan asri berkat tanaman rambatnya serta setiap kisi-kisi pembayangannya yang dapat menahan paparan sinar matahari.

Aksesoris
Yang menjadi elemen utama pergola pada dasarnya adalah tanaman rambat. Karenanya tanaman rambat bukanlah merupakan Aksesoris, justru merupakan bagian utamanya di mana pergola sebenarnya sebagai bangunan penopang yang digunakan untuk merambatnya tanaman. Jadi, yang dinamakan pergola haruslah ada elemen utama yaitu tanaman rambat. Selain elemen utama kerap kali diberi elemen tambahan berupa aksesoris yang ditempelkan pada sebuah pergola. Ada beberapa aksesoris yang banyak ditambahkan pada pergola seperti lampu tempel yang menempel pada dinding kolom pergola. Aksesoriss lain seperti batu tempel disebut juga sebagai elemen hias, atau bahkan menambahkan kolam ikan di sekitar pergola yang dapat memperkuat kesan asri pergola tersebut.

Perawatan
Lakukan perawatan secara kontinyu. Setidaknya lakukan pemupukan sekurang-kurangnya tiga bulan sekali. Dapat memakai pupuk NPK ataupun pupuk daun. Pemangkasan juga diperlukan, karena di samping mengurangi beban pergola, juga menambah estetika dan tampilan tanaman rambat agar tampak asri dan cantik. Jangan sampai lupa, tetap rajin-rajinlah memberantas hama, jika perlu semprot dengan pestisida.
 
Sumber : Hunianku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel