91 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:58:57

Cara Memilih dan Menentukan Jenis Material Rumah

cara-memilih-dan-menentukan-jenis-material-rumah

Bentuk dan design bangunan interior dan eksterior memiliki nuansa yang berbeda jika kita menggunakan material yang berbeda. Untuk itu cara memilih dan menentukan jenis material rumah perlu kita ketahui agar diperoleh sebuah kesatuan tatanan karakter material atau tekstur terhadap bentuk dan design bangunan (fasade). Kita harus mengetahui mengetahui harga beserta harganya dan kualitasnya serta agen tempat penjual bahan bangunan yang dekat, karena jika tempat penjual jauh dari lokasi rumah yang akan kita bangun kita perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pengirimannya

Berikut ini adalah jenis elemen konstruksi dan faktor penunjang yang perlu ditentukan jenis materialnya jika kita akan membangun sebuah hunian atau rumah tinggal sehingga rumah yang dibangun nantinya menjadi rumah yang nyaman dan indah:

1. Dinding
Tentukan bahan apakah yang akan Anda pakai untuk membuat dinding agar sesuai dengan bentuk dan nuansa design, bisa menimbulkan suasana nyaman, dan biayanya sesuai dengan kemampuan Anda. Untuk dinding luar (fasade bangunan), Anda bisa menggunakan bata, batako atau celcon block. Sedangkan untuk dinding bagian dalam/sekat antar ruang, Anda bisa menggunakan bahan seperti pada dinding luar atau bahan lain misalnya multipleks, GRC atau bahan lain yang sesuai kebutuhan.

2. Lantai
Bahan apa yang akan digunakan untuk lantai rumah Anda? Anda bisa menggunakan bahan alami seperti batu granit, marmer dan limestone. Jika Anda senang menggunakan bahan sintetis, maka Anda bisa menggunakan lantai dari bahan semen, beton, keramik, porselin, atau lantai dari kayu (parket). Pilih salah satu yang sesuai dengan nuansa interior yang akan Anda ciptakan.

3. Penutup Atap
Untuk tujuan keindahan dan kenyamanan rumah tinggal kita, maka bisa dipilih jenis penutup atap yang sesuai dengan anggaran Anda berupa genteng bergelombang (berbahan metal, keramik, atau beton), genten flat (genteng impor yang sudah built-in tinggal pakai, berupa fiber cement dan aspal single), sirap (penutup atap berbahan kayu), atau bisa menggunakan asbes.

4. Pintu dan Jendela
Berbagai jenis bahan bisa digunakan sebagai pintu maupun jendela seperti kayu, aluminium, atau yang lain. Sesuaikan bahan pintu dan jendela agar sesuai dengan design dan budget yang Anda anggarkan.

5. Plafon
Gypsum, tripleks, multipleks atau yang lain bisa dipakai. Pilih jenis karakter bahan plafon yang sesuai dengan nuansa interior rumah yang Anda bangun sehingga bisa memberikan kenyamanan dan design-nya juga elegan.

6. Furnitur dan Asesoris
Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian dan ukuran design dengan fungsi ruang. Agar ruang di dalam rumah bisa berfungsi secara optimal, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

•    Gunakan jenis furnitur multi fungsi (bisa ditempatkan pada berbagai jenis ruang)
•    Pilih dekorasi dengan bentuk dan motif yang sesuai dengan warna dan karakter material ruang serta bentuk maupun ukuran furnitur tersebut (motif, bentuk dan design harus fleksibel)


Sumber : Planetwifi

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel