122 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:57:52

Teknik Pengecatan Eksterior

teknik-pengecatan-eksterior

Teknologi memengaruhi setiap kehidupan termasuk mendatangkan cara mengaplikasikan cat pada rumah. Metode untuk mengaplikasikan cat pelapis dan cat modern telah berubah seiring berjalannya waktu. Anda perlu mengetahui beberapa teknik mengaplikasikan cat terutama untuk eksterior. Selain untuk kepentingan estetika, teknik juga akan membuat hasil terbaik dan tahan lebih lama.

Mengapa Sprayer?
Salah satu pertanyaan umum ketika akan melakukan pengecatan rumah adalah bagaimana menggunakan penyemprot otomatis dan seberapa luas yang dapat dijangkau. Pada jaman dahulu, rumah selalu dicat dengan menggunakan kuas dan rol. Kini, Anda sudah dapat menggunakan sprayer elektrik karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa keuntungan menggunakan sprayer antara lain.

Menghemat Waktu Pengecatan
Salah alasan utama memilih sprayer elektrik adalah faktor waktu. Benar-benar tidak dapat dibandingkan mengerjakan pengecatan rumah dengan tangan atau dengan sprayer pneumatik. Teknik ini mampu memotong waktu dari mingguan ke harian sehingga lebih efisien.

Jangan khawatir akan mengorbankan kualitas hasil pengecatan. Di tangan tukang cat yang mahir menggunakan sprayer, Anda akan mendapatkan hasil pewarnaan yang halus, seragam, tak menetes dan tak bernoda.

Menghemat Uang
Alasan lain menggunakan sprayer elektrik adalah memangkas biaya. Rol dan kuas yang digunakan akan membuat pengerjaan berjalan lambat. Butuh waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikan hingga ke eksterior Anda. Menggunakan sprayer akan menghemat pembiayaan tenaga pengecatan (yang umumnya dibayar perhari, red.). Ini sama artinya, Anda dapat menghemat beberapa rupiah demi tabungan masa depan.

Tambahkan Sentuhan dengan Kuas?
Tentu saja, kendati mampu mempercepat proses pengerjaan dan menghemat biaya, sprayer elektrik tidak mampu menghapuskan begitu saja penggunaan kuas.

Beberapa eksterior mungkin memerlukan sedikit sentuhan cat dengan kuas, atau pengerjaan beberapa detail. Seperti, seputar jendela, pintu, batasan selokan atau pinggiran tembok dan daerah tertentu lainnya yang lebih baik diselesaikan dengan tangan mengingat sprayer listrik kurang mencapai daerah tersebut secara persisi.
Beberapa daerah yang lebih berisiko rusak akibat air, barang-barang yang lembap, busuk dan bahan kayu, memerlukan pelapis ekstra yang perlu diaplikasikan dengan kuas tangan. Jika kontraktor pengecatan Anda tidak mengindahkan beberapa detail ini, sebaiknya pertimbangkan kontraktor lain yang bersedia mengikuti keinginan Anda.

Mengapa Sewa Tenaga Pengecat?
Pertimbangkan pula apakah Anda melakukan pengecatan sendiri atau menyewa tenaga pengecat. Untuk penyelesaian pewarnaan eksterior sangat disarankan menggunakan tenaga profesional karena beberapa hal. Mereka dapat memastikan pengerjaan mendapat cakupan yang tepat dengan hasil yang lebih sempurna.
Tenaga pengecat profesional juga menguasai beberapa teknik aplikasi cat eksterior, memahami kekuatan dan bahan pelapis cat serta memiliki analisa area-area rentan rusak. Mereka juga dapat mengatasi masalah bintik-bintik yang muncul, serta mampu menerapkan pekerjaan yang lebih rapi seperti pada detail rumah yang sebaiknya diperhatikan seperti beberapa area pintu dan jendela.

Sentuhan Akhir dengan Sprayer
Setelah semua pengerjaan, akhiri pengecatan dengan mengaplikasikan pelapis pelindung menggunakan pompa sprayer pneumatik. Mengapa menggunakan sprayer, karena ia memiliki cakupan yang luas serta menutupi lebih maksimal dengan gaya tekanannya.
 
Laili / dari berbagai sumber
Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel