151 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:45:24

3 Desain Carport Sesuai Budget

3-desain-carport-sesuai-budget

Dahulukan penghitungan budget agar pembuatan carport lebih memuaskan. Berikut tiga alternatif desain dengan pemilihan material berbeda plus kisaran harga yang bisa menjadi inspirasi Anda. Fungsi dasar carport adalah sebagai tempat parkir mobil di area terbuka sebuah bangunan (rumah). Biasanya, ukurannya tak terlalu luas, sekitar 3x5 m.


Yang harus diperhatikan sebelum membangun carport adalah dua material pentingnya yaitu lantai (keramik, beton rabat, conblock/grassblock , rumput, kayu, batu alam, besi pelat) dan atap (beton, polikarbonat/ fiber, kaca, kayu, tanaman rambat, besi, baja, kain, dsb). Anda bebas memilih paduan yang mana. Lebih jelasnya, mari ikuti panduan berikut ini.
 
Desain 1:
Besi + Polikarbonat
Besi adalah material pabrikan yang umumnya dapat dipasang dengan cepat dan singkat. Namun dari sisi kandungan dan kekuatan bahan, masih di bawah baja sehingga harganya lebih murah. Oleh karena itu, besi untuk struktur carport perlu dimodifikasi, seperti diberi tambahan siku dsb.
Untuk penutup atapnya, dapat ditutup dengan bahan polikarbonat yang termasuk bahan fiber dan tembus cahaya. Bahan ini relatif terjangkau dan memang dibuat untuk material atap transparan.
Untuk konstruksi tertentu, besi memerlukan siku pada sambungannya dan mudah korosi bila tidak dilapis cat.
Bahan polikarbonat enteng dan memiliki warna dan motif garis yang cantik sayangnya mudah kotor dan rusak.

 
Desain 2:
Beton + Kaca
Beton adalah material konstruksi paling umum di rumah tinggal. Perkembangan teknologi membuat material ini dapat dimofikasi ke dalam bentuk yang beragam.
Sebagai atap carport dan lantainya, beton dapat berekspresi dengan berbagai tipe finishing . Seperti motif kamprot, garuk, atau ekspos. Beton juga dapat dibuat dengan konstruksi kantilever (gantung dengan satu sisi tiang). Sebagai elemen estetis, beton bisa dikombinasikan dengan kaca. Kaca juga berfungsi sebagai pencahayaan alami.
Beton harganya relatif terjangkau dan mudah diaplikasikan, juga bisa dikombinasikan dengan material apapun. Kekurangannya, beton termasuk berat dan untuk modifikasi desain harus dihitung kekuatan strukturnya.
Material kaca mudah menerima cahaya dan permukaan tipis. namun mudah kotor.

 

Desain 3:
Baja + Tanaman Rambat
Isu pemanasan global menuntut rumah kita memiliki area hijau yang cukup banyak. Selain sebagai pengganti oksigen, tanaman juga mampu mereduksi terpaan panas matahari.
Untuk carport , tanaman rambat dapat dipilih seperti yang tampak pada desain ini. Tanaman rambat dan besi baja profil IWF berpadu memberi kesan futuristik dan elegan dengan dirambatkan dengan wiremesh (besi jala).
Meski tak semahal beton, harga baja cukup mahal. Untungnya ia kuat dan menciptakan kesan futuristik yang bold . Sementara tanaman rambat banyak pilihan jenisnya namun Anda perlu memikirkan biaya dan waktu perawatan.


Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel