49 Senin, 21 Oktober 2013 | 07:41:31

Jendela Nako Lebih Fleksibel Sebagai Jendela Rumah

jendela-nako-lebih-fleksibel-sebagai-jendela-rumah

Ukuran jendela untuk satu ruangan dalam rumah, paling tidak, sekitar 15%-20% dari luas ruangan. Kita bisa membuatnya dalam satu bukaan atau membaginya menjadi beberapa jendela dan pintu. Tujuannya agar aliran udara dan cahaya di dalam ruang terpenuhi. Dalam hal pembuatan jendela, ada beberapa jenis jendela berdasarkan cara membukanya: jendela geser, jendela ayun, jendela putar, dan jendela mati.

Jendela geser dan ayun relatif membuat aliran udara dan cahaya berlimpah. Jendela geser biasanya digunakan untuk menyiasati lahan yang sempit. Sementara jendela mati dipilih jika sirkulasi udara sudah cukup lancar atau untuk area yang menuntut keamanan tinggi.


Selain jenis jendela tadi, dikenal juga jenis jendela nako. Jenis jendela ini mungkin kurang populer sekarang. Keberadaannya lebih populer pada era 80-an. Jendela ini mirip konsep jalusi krepyak . Bedanya, nako ini memiliki bilah-bilah yang terbuat dari kaca dan sistem mekanis yang memungkinkan bilah-bilah kaca itu dibuka tutup sesuai keinginan. Dengan adanya sistem mekanik ini, aliran udara ke dalam ruangan dapat diatur sesuai kebutuhan. Jika udara terlalu kencang, celah-celah krepyak bisa dibuat lebih sempit. Dengan begitu, kecepatan aliran udara bisa diredam.


Sekarang ini, material nako makin beragam. Jika dulu bilah-bilah daun jendelanya hanya terbuat dari kaca, kini nako juga terbuat dari kayu dan logam. Beberapa jenis juga telah dilengkapi dengan sistem kerja mekanis yang lebih canggih. Ada yang dilengkapi dengan perangkat elektronis yang memungkinkannya dibuka secara otomatis dan lebih mudah.


Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel